Makassar (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar ikut mengawal pembukaan sejumlah bioskop di Kota Makassar dengan melakukan pengawasan dalam rangka mencegah kerumunan warga.

Satpol PP Makassar menurunkan sekitar 25 personil pada awal pembukaan dua bioskop dari tiga bioskop yang telah buka di Kota Makassar, Ahad, yakni bioskop XXI Mall Trans Studio Makassar (TSM) dan Mall Panakkukang.

"Personil yang kita turunkan untuk pengawasan ada 25 orang tiap hari, ini sampel saja dan besok akan ada mall berikut lagi. Hari ini dua mall dulu," kata Kepala Satpol PP Makassar, Imam Hud di Makassar, Ahad.

Kehadiran Satpol PP Makassar di sejumlah bioskop yang telah buka maupun yang direncanakan akan buka merupakan bentuk pengawasan terhadap kepatuhan pengelola bioskop pada pelaksanaan protokol kesehatan sesuai keputusan bersama Pemkot Makassar.

"Hingga sekarang keadaan bioskop masih sepi, pengawasan yang kita lakukan untuk melihat penerapan protokol kesehatan oleh pengelola sebagai bahan evaluasi," ujarnya.

Pelaksanaan pemantauan dan pengawasan protokol kesehatan terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 ini rencananya akan dilakukan hingga akhir Desember 2020. Kepatuhan dan disiplin dinilai salah satu syarat mutlak dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Kita berharap agar pengelola dan masyarakat selalu patuh pada protokol kesehatan dan memberikan edukasi pada penonton untuk mematuhinya sebagaimana kesepakatan yang telah disepakati bersama," katanya.

Sementara salah satu pengunjung bioskop Mall TSM Makassar bernama Amhi mengatakan dirinya merasa aman dari penyebaran COVID-19 sejak berada di area bioskop, mulai dari pintu masuk hingga dalam teater sebab protokol kesehatan secara ketat dilaksanakan pihak bioskop.

Beberapa teknis penerapan protokol kesehatan di area bioskop yakni dilakukan cek suhu tubuh pada pintu masuk, terdapat peringatan jaga jarak di ruang tunggu, pemesanan tiket via daring (online) dan tidak melayani pembelian atau pembayaran tiket secara tunai, tidak ada transaksi antara penjaga bioskop dan pengunjung dan tempat duduk diatur berjarak.

"Kita tidak berinteraksi langsung ke petugas, untuk pemesanan tiket transaksi lewat hp, scan barcode, dan dapat tiket. Pas mau masuk di ruang teater, tiketnya dirobek sendiri, biasanya ada petugas yang ambil. Tempat duduknya juga diatur berjarak jadi sangat aman," katanya.

Menurut dia, sama saja saat beraktivitas di luar saat bertemu banyak orang. Terpenting ialah tetap waspada dengan memakai masker, membawa penyanitasi tangan (hand sanitizer) dan jaga jarak. Satpol PP Makassar saat melakukan pengawasan protokol kesehatan pada awal mula pembukaan bioskop di sejumlah mall Kota Makassar, Minggu (22/11/2020). ANTARA Foto/HO-Kasatpol PP Makassar

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024