Makassar (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui kerja keras Tim Khusus Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN UIW (Unit Induk Wilayah) Sulselrabar berhasil melakukan penghematan (saving) listrik sebanyak 383.066,44 kWh atau setara Rp373 juta .

General Manager PT PLN (Persero) UIW Sulselrabar Ismail Deu melalui keterangan resminya di Makassar, Jumat mengemukakan nilai penghematan atau penyelamatan senilai Rp373 juta itu diperoleh dari 109 titik yang seluruhnya berfokus di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

"PLN sangat bangga dengan berakhirnya Bakti PDKB ini, dan satu hal yang memastikan tim PDKB berhasil dalam melaksanakan tugasnya adalah tetap patuh terhadap SOP di tengah pandemi," ujar Ismail.

Tim Khusus PDKB yang berjumlah 56 orang ini diterjungkan PLN pada Bakti PDKB semester II untuk melakukan pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman.

Kegiatan ini telah berlangsung selama empat hari, mulai 23 - 26 November 2020 sebagai upaya meningkatkan keandalan listrik di tengah pandemi pada wilayah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Hingga kini, kata Ismail, keahlian Tim PDKB PLN UIW Sulselrabar telah memiliki dua metode dalam melakukan pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman, yakni Metode PDKB berjarak dan Metode PDKB Sentuh Langsung.

"Masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya pemadaman terencana pada saat dilaksanakannya pemeliharaan jaringan listrik. Ini merupakan bukti kerja nyata PLN dalam upaya menerangi Indonesia," kata Ismail.

Tim Khusus PDKB yang ikut dalam Bakti PDKB 2020 itu tersebar di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan yakni UP3 Makassar Selatan, UP3 Makassar Utara, UP3 Palopo, UP3 Parepare, UP3 Mamuju dan UP3 Kendari.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024