Makassar (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Merdisyam memantau langsung operasi pengaman Operasi Lilin 2020 menggunakan helikopter sekaligus mengecek kesiapan para personel.

"Operasi Lilin 2020 adalah pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021. Di tengah masa pandemik COVID-19 ini, setiap anggota harus bisa membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat juga agar mematuhi protokol kesehatan," ujar Irjen Pol Merdisyam, di Makassar, Sabtu.

Kapolda didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Halim Pagarra dan Karo Operasional Kombes Pol Adeni Muhan Dg Pabali mengecek personel di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bulukumba.

Di beberapa posko pengamanan yang didatangi, Kapolda memberikan semangat kepada anggotanya dan mengingatkan agar patuh dalam protokol kesehatan COVID-19.

"Tetap semangat, jaga kekompakan dan patuhi protokol kesehatan. Ingat '3M', selalu menjaga jarak aman, mencuci tangan dan memakai masker," ujarnya.

Irjen Pol Merdisyam menuturkan, jajaran polres dan polsek harus menjalankan Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis terkait Protap Kesehatan COVID-19.

Dalam maklumat keempat yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis pada 2020 ini berisi ancaman penindakan terhadap kerumunan pada masa libur akhir tahun.

"Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan maklumat baru terkait penanganan pandemik COVID-19. Maklumat keempat ini berisi ancaman penindakan jika ada yang membuat kerumunan," ujarnya.

Maklumat itu bernomor: Mak/4/XII/2020 tertanggal 23 Desember 2020 itu, Idham menyerukan agar ada kepatuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024