Makassar (ANTARA) - Tingginya permintaan menjelang pergantian tahun memicu harga ayam potong yang dipasarkan melonjak menjadi Rp65 ribu per ekor dari harga sebelumnya Rp45 ribu per ekor.

Hal itu diakui salah seorang penjual ayam potong di Pasar Terong, Hj Bahriah di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, permintaan ayam potong jelang pergantian tahun cukup tinggi, sementara stok ayam tetap sehingga pihak produsen dan distributor menaikkan harga, sehingga pedagang pengecer terpaksa menyesuaikan harga.

Hal senada dikemukakan Pedagang ayam di Pasar Pannampu, Makassar H Rahman.

Menurut dia, kondisi ini selalu terjadi sehingga pedagang mengantisipasi dengan memesan persediaan lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa.

"Kalau biasanya saya hanya menyiapkan 50 ekor per hari untuk hari, kini menyiapkan 100 ekor dan Alhamdulillah sore sudah hampir terjual semua," katanya.

Tingginya animo membeli ayam potong maupun ayam pedaging lainnya diakui salah seorang pembeli, Nurbaya.

Dia mengatakan, meski harganya lebih mahal tetap dibeli karena untuk makan bersama keluarga pada malam tahun baru dengan menu spesial.

"Sekali setahun menyambut pergantian tahun, jadi kami biasanya kumpul bersama keluarga makan-makan dengan menu ayam dan ketupat," katanya. Suasana aktivitas pedagang ayam potong di Pannampu, Makassar, Kamis (31/20/2020). ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024