Mamuju (ANTARA) - Sejumlah partai politik (Parpol) mendistribusikan bantuan untuk korban gempa berkekuatan 6,2 magnitudo yang ada di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

"Bantuan yang kami salurkan ke lokasi pengungsian gempa berupa beras, susu bayi berbagai usia, popok bayi berbagai ukuran, minyak telon obat2an, air mineral, karpet, tenda, pembalut wanita, ikan kaleng, mi instant," kata wakil ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Sulbar, M Yahya, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, bantuan tersebut telah disalurkan ke posko pengungsian yang ada disejumlah titik di Kabupaten Mamuju.

Bantuan dari parpol juga datang dari Partai Demokrat untuk sejumlah daerah di Kabupaten Mamuju. Bantuan Partai Demokrat disalurkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Mamuju Partai Demokrat Suraida Suhardi yang juga ketua DPRD Sulbar.

"Semoga kita bersama melewati bencana ini bersama, mari kita tetap sabar dan tabah menghadapi cobaan ini," katanya.

Bantuan serupa juga disalurkan Partai Nasdem dan PDI perjuangan.

Sejumlah truk tampak melintasi di Kota Mamuju berisi logistik yang disalurkan sejumlah partai itu.

"Terima kasih bantuan yang diberikan kepada masyarakat korban gempa di Mamuju. Kami masyarakat Mamuju sangat terbantu," kata Ado Masud kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mamuju yang juga wakil bupati Mamuju terpilih.

Sementara itu total jumlah korban gempa Mamuju dan Majene terus bertambah mencapai 90 Orang dan yang selamat dari reruntuhan bangunan mencapai 18 orang sementara dalam pencarian tiga orang.

Korban luka berat dan menjalani rawat inap sebanyak 189 orang, sementara luka ringan dan rawat jalan 637 orang.

Sementara masyarakat pengungsi mencapai 15.000 orang di sejumlah titik daerah Kabupaten Mamuju dan Majene
serta ribuan pemukiman dan fasilitas pemerintah rusak dan roboh.

Gempa Mamuju telah mengakibatkan kantor Gubernur Sulbar roboh dan rata dengan tanah. Selain itu bangunan rumah sakit berlantai lima di kota Mamuju, pusat perbelanjaan dan pusat pelayanan publik lainnya juga roboh beserta ratusan pemukiman warga rusak total.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024