Makassar (ANTARA) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan memberikan bantuan 26 unit hunian tetap (huntap) bagi para korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Direktur Utama IZI Wildan Dewayana melalui keterangan resminya di Makassar, Kamis, menyampaikan huntap tersebut dibangun dari program gotong royong masyarakat dan pemerintah untuk membantu korban banjir bandang Luwu Utara.

"Total huntap ada 26, sisa tiga huntap yang sementara proses pembangunan," katanya

Sejak banjir bandang di Luwu Utara, beberapa program IZI lainnya yakni dapur umum selama 15 hari yang dibagikan untuk 300 jiwa per hari, layanan kesehatan 300 penerima manfaat, program Abon Kita Quran bagi 1.098 kepala keluarga dan paket sembako 550 kepala keluarga.

Secara resmi, penyerahan huntap Luwu Timur dilakukan melalui virtual zoom yang turut dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Ketua YBM PLN UIW Sulselrabar Muhammad Akbar, dan Ketua Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Sulawesi Bambang Muliadi.

Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi IZI yang telah membangun huntap di Luwu Utara. Ia menyampaikan sangat penting bahu-membahu untuk bersama membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Maka akan banyak yang bisa dilakukan, bukan ego sentral.

"Kami ingin IZI selalu membuka pintu untuk terus bersinergi agar Sulsel semakin berkembang. Dengan begini kami sangat bersemangat karena ternyata kami tidak sendiri," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara Muslim Muchtar mengungkapkan di tengah bencana yang menimpah Luwu Utara, begitu banyak yang perhatian hingga ke berbagai pelosok.

"Alhamdulilkah kami diberi semangat dengan adanya banyak bantuan dari berbagai pihak," ujar Muslim.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024