Bantaeng, Sulsel (ANTARA News) - Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) diharapkan menjadi penyangga produksi petani. Karena itu, BUMDES diharap membuat perencanaan bisnis dengan baik.

Harapan tersebut dikemukakan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah saat menyerahkan bantuan kendaraan roda empat Toyota Hi-Lux kepada BUMDES Layar Terkembang Kecamatan Pa'jukukang di Bantaeng, Selasa.

Menurut Bupati, lembaga ekonomi masyarakat desa ini hendaknya melihat potensi di sekitarnya. Ia kemudian meminta BUMDES Layar Terkembang untuk fokus terhadap pengembangan cabai petani.

"Fokus saja pada pengembangan hortikultura dataran rendah karena kawasannya memungkinkan," pinta Bupati.

Bahkan, bila ada lahan yang memungkinkan untuk penanaman padi gogo, Pemda juga siap membantu, urainya. Ia kemudian berharap, pengembangan cabai dikembangkan ke areal seluas 300 Ha.

Tentang produksinya, ia mengingatkan Direktur BUMDES agar memanfaatkan kendaraan cold box agar produksi capai petani tidak rusak. Untuk membantu pengembangannya, Pemda segera menarik pipa untuk distribusi air ke kawasan pengembangan cabai tersebut.

Demikian pula dengan pengembangan pola penanamannya, Pemda akan menyiapkan traktor tangan (hand traktor) kepada kelompok-kelompok tani sehingga penanamannya bisa lebih cepat.

Ia berharap, selain pengembangan talas yang sudah dilakukan di berbagai kecamatan selama ini, pengembangan cabai ini juga dapat menambah pendapatan sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom A Baso Fahrir melaporkan, penyerahan bantuan kendaraan roda empat ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama yang dilakukan 20 Januari 2011.

Dengan penyerahan ini, lanjutnya, sudah enam BUMDES (dari 46) yang menerima bantuan kendaraan roda empat jenis Toyota Hi-Lux. Ia berharap, BUMDES penerima bantuan benar-benar memanfaatkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyanggaan produksi masyarakat.

Ia juga mengemukakan evaluasi yang akan dilakukan terhadap BUMDES penerima bantuan tersebut agar dapat mengembangkan usahanya, jelas Baso Fahrir.(T.KR-AAT/F003)

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024