Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) UIW Sulselrabar tertarik dan mendukung ide Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, yang ingin memasukkan jaringan listrik masuk di pematang sawah untuk digunakan petani.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid dalam keterangannya di Makassar, Rabu, mengatakan jaringan listrik di sawah sejalan dengan program PLN yakni Electrifying Agriculture.

Program ini menjadi cara PLN untuk beroperasi lebih efisien, efektif, dan tepat sasaran untuk meningkatkan perekonomian negeri, terutama pada sektor pertanian.

"Hal itu sejalan dengan program PLN yaitu Electrifying agriculture, untuk membuat petani kita lebih maju dalam bertani," jelasnya.

Awaluddin juga sekaligus melaporkan perkembangan progres jaringan listrik bawah laut.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pihaknya berencana untuk menarik listrik di sawah.

"Jadi bukan hanya kabel bawah laut, tapi juga di pertanian. Hal ini juga menghemat biaya (operasional)," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi kesiapan PLN untuk mendukung rencana pemasangan kabel listrik bawah laut. Hal ini digagas oleh Andi Sudirman untuk pengembangan wilayah kepulauan.

Bahkan, pengembangan kabel bawah laut tersebut akan menjadi proyek pemasangan jaringan listrik bawah laut pertama di Pulau Sulawesi.

Rencananya, Pemprov Sulsel akan mulai pembangunan jaringan listrik bawah laut ke Pulau Lae-lae tahun ini. Program ini direncanakan untuk di pulau-pulau Kota Makassar dan Kabupaten Pangkep.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024