Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjadi orang pertama yang didata pada pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK) Tahun 2021 yang serentak dilakukan Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) hari ini.

"Semua pertanyaan kader pendata yang memuat informasi tentang pembangunan keluarga, kependudukan dan biodata dijawab Plt gubernur Sulsel," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Andi Ritamariani disela pendataan di Rujab Gubernur Sulsel di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan Pendataan Keluarga 2021 dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia mulai tanggal 1 April hingga 31 Mei 2021 mendatang dan akan menyasar sebanyak 77,9 juta KK.

“Khusus di Sulawesi Selatan, ditargetkan akan mendata sebanyak 2.340.658 KK tersebar di 24 Kabupaten Kota dengan melibatkan 17.723 kader pendata yang akan datang dari rumah ke rumah mendata," katanya.

Pendataan yang dilakukan para kader tetap memperhatikan protokol kesehatan 3M untuk mencegah penularan Covid-19 di lapangan.

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan pendataan keluarga oleh BKKBN, karena pendataan keluarga penting dilaksanakan untuk mengetahui kondisi keluarga yang ada, baik itu dari segi kesehatan maupun ekonomi hingga keluarga yang beresiko stunting.

Ia juga mengingatkan untuk melakukan perencanaan keluarga dengan baik melalui pengaturan kelahiran dan menyusui anak hingga dua tahun.

Dia juga menghimbau agar seluruh masyarakat khususnya yang ada di Sulsel untuk memberikan data yang jelas dan akurat kepada kader pendata yang datang.

"Ini penting agar proses pendataan dapat berjalan lancar dan menghasilkan informasi data yang yang benar terutama yang berkaitan dengan ketahanan keluarga dan angka stunting di Sulsel," katanya. Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Andi Ritamariani disela  Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh BKKBN Sulsel di Rujab Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (1/4/2021). ANTARA Foto/HO/Humas BKKBN Sulsel

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024