Makassar (ANTARA) - PT Pertamina menyerahkan bantuan sebanyak 5.000 masker kepada Pemerintah Kota Makassar sebagai dukungan pelaksanaan Program Makassar Recover dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah, Program Makassar Recover mendapat banyak dukungan. Hari ini Pertamina menyumbang 5.000 masker medis buat tim relawan kita," kata Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi di sela uji coba aplikasi Makassar Recover di Tribun Lapangan Karebosi Makassar, Rabu.

Masker tersebut akan digunakan tim relawan yang mulai bekerja mendata warga kota dalam Program Makassar Recover.

Selain itu, bantuan masker ini, akan digunakan tim detektor nantinya yang akan melakukan sensus kesehatan di tingkat RT dan RW.

"Para tim detektor kita juga harus terapkan protokol kesehatan, melakukan 5M. Masker ini sangat berguna buat kerja-kerja mereka nanti," katanya

Sedangkan untuk tahap awal dalam hal penerapan Program Makassar Recover, Pemkot akan mengambil 10 unit GeNose lengkap dengan filter, komputer dan barcode. Rencananya, alat ini akan disebar ke puskesmas dengan menempatkan kontainer.

GeNose sendiri memiliki keunggulan dari alat pendeteksi COVID-19 lainnya. Hasilnya dapat dipercaya, tidak dapat dimanipulasi. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau untuk satu kali tesnya.

Diharapkan, pada pelaksanaannya nanti, masyarakat dianjurkan untuk tidak makan dan menggunakan parfum beberapa menit sebelum menggunakan GeNose, agar tingkat akurasi deteksi virus bisa lebih baik.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024