Makassar (ANTARA) - Kabiro Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulawesi Selatan (Sulsel) Since Erna Lamba mengatakan peran Bulog Sulsel ke depan akan didorong dapat seperti Pasar Induk Cipinang dalam pengelolaan bahan pangan.

"Hal itu dimaksudkan agar peran Bulog Sulsel dapat lebih luas dalam menjaga ketahanan pangan di daerah ini, maupun menyangga daerah lainnya, seperti Pasar Induk Cuipinang," kata Since di Makassar, Jumat.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, peran tersebut sementara digodok dan ke depan Pemprov Sulsel siap menyurat ke pihak terkait di pusat agar peran Bulog di provinsi itu bisa sama dengan Pasar Induk Cipinang.

Sementara peran Bulog adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan.

Sedang ruang lingkup bisnis perusahaan milik negara ini meliputi usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran.

Selain itu, lanjut Since, peran gudang Bulog di daerah juga akan dioptimalkan sehingga dapat membantu sistem resi gudang.

Sebagai gambaran, resi gudang dengan pemanfaatan gudang Bulog Pare Pare sebagai tempat penyimpanan jaminan dari transaksi gadai dapat dimungkinkan.

"Hal itu akan membantu petani, jika sewaktu-waktu membutuhkan dana, maka gabahnya dapat dijadikan sebagai jaminan dalam mengelola ataupun memenuhi produksinya," kata Since.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024