Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan masyarakat di daerah itu menuju era digital melalui pembinaan kelompok informasi masyarakat (KIM).

Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi pada Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju Ita Sari Darmawati di Mamuju Jumat menyampaikan, hingga Maret 2021 sudah terbentuk 121 KIM di setiap desa/kecamatan di daerah itu dan masih ada 10 desa yang belum terbentuk.

Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Dinas Kominfo dan Persandian lanjut Ita Sari Darmawati, terus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada KIM dalam rangka menyiapkan masyarakat di daerah itu menghadapi era digitalisasi.

"Kami terus melakukan sosialisasi terkait kesiapan masyarakat di Mamuju menyambut digitalisasi, khususnya kesiapan KIM untuk go digital. Terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan, kami melakukan sosialisasi kepada KIM di Desa Tapandulu Kecamatan Simboro pada Senin (12/4)," terang Ita Sari Darmawati.

Ia mengakui bahwa di setiap desa dan kecamatan tempat pelaksanaan sosialisasi, selalu ditemukan masalah dan keluhan yang sama, yaitu kesulitan masyarakat dalam mengakses informasi kegiatan dan kinerja pemerintahan.

"Banyak masyarakat, khususnya generasi muda yang sudah mampu mengakses internet. Sayangnya lebih banyak digunakan hanya untuk mengakses media sosial saja, tidak dimanfaatkan untuk mengakses informasi," ujarnya.

"Ditambah lagi kurangnya produk informasi yang disebar ke masyarakat terkait hasil-hasil pembangunan dan kinerja pemerintahan. Ini merupakan kekurangan kami yang masih terus dibenahi," terang Ita Sari Darmawati.

Ia berharap, melalui sosialisasi yang secara intens dilakukan di setiap desa dan kecamatan di Kabupaten Mamuju tersebut, masyarakat dapat menyambut memanfaatkan media sosial kepada hal-hal positif, termasuk bagaimana mendapatkan informasi pembangunan di daerah itu.

"Kita tidak akan bisa mewujudkan masyarakat Mamuju yang go digital bila tidak disiapkan dari sekarang. Literasi informasi inilah yang coba kami bangkitkan melalui kelompok-kelompok informasi masyarakat yang ada di Kabupaten Mamuju," ujar Ita Sari Darmawati.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024