Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan sebanyak empat unit kendaraan berupa motor sampah dan iuran BPJS untuk nelayan di sekitar Makassar New Port (MNP).

"Masing-masing yang menerima bantuan itu adalah Kelurahan Kaluku Bodoa, Buloa, dan Tallo, di Kecamatan Tallo, serta Kelurahan Cambayya di Kecamatan Ujung Tanah," kata Corporate Secretary PT Pelindo IV Dwi Rahmad Toto di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan bantuan sebanyak empat unit motor sampah tersebut masuk dalam pilar pembangunan sosial dan pembangunan lingkungan.

Karena itu diharapkan bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk penanggulangan sampah di masing-masing kelurahan.

Tak hanya memberikan bantuan berupa motor sampah, lanjut Toto, tetapi Pelindo IV bekerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar juga akan memberikan pelatihan kepada nelayan yang ada di empat kelurahan di sekitar MNP.

“Yakni Kelurahan Buloa, Cambayya, Tallo, dan Kelurahan Kaluku Bodoa, Kota Makassar. Tentunya bekerja sama juga dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Selain itu nelayan di empat kelurahan itu juga akan diberikan bantuan berupa peralatan kerja seperti mesin diesel dan jaring untuk menangkap ikan, termasuk memberikan bantuan berupa pendampingan ekonomi masyarakat nelayan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga Kelurahan Kaluku Bodoa, Hasan, yang mengaku sangat terbantu dengan bantuan jaring dari PT Pelindo IV.

"Selama ini hanya menggunakan jaring tua yang harus selalu dijahit sobeknya," katanya.
  Suasana pemberian bantuan mobil sampah untuk operasional pembersihan sampah di empat kelurahan di Makassar, Sabtu (1/5/2021). ANTARA Foto/ HO/Humas Pelindo IV

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024