Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang bersama Polres Enrekang menjalin koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan program pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB) yang dilakukan setiap bulan.

Ketua KPU Enrekang Haslipa melalui keterangannya, Selasa, mengatakan, berdasarkan Surat Edaran KPU RI, setiap KPU kabupaten dan kota harus selalu melakukan pembaharuan informasi terkait data kependudukan yang selalu berubah setiap waktu, sehingga membutuhkan koordinasi yang intens dengan berbagai pihak terkait.

"Kita harus melakukan updating data yang sudah tidak memenuhi syarat, karena meninggal atau menjadi TNI/Polri. Ini yang harus kita tingkatkan lebih maksimal, bagaimana kordinasi kita dengan semua stakeholder yang ada, demi mendapatkan data terbarukan," ujarnya.

Dia mengatakan, KPU Enrekang sedang melaksanakan program pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB) yang dilakukan setiap bulan, meskipun saat ini tidak sedang dalam tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

"Saat ini tidak ada tahapan, namun KPU Kabupaten Enrekang tetap melaksanakan program yang sifatnya berkesinambungan yakni pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dan sosialisasi pendidikan pemilih," katanya.

Haslipa menambahkan, kegiatan dimaksud tentunya akan berjalan manakala para pemangku kepentingan termasuk Polres Enrekang turut membantu dalam proses pelaksanaannya.

Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya Ghalib mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan KPU Enrekang dalam rangka menyukseskan program-program yang sedang berjalan.

Andi Sinjaya juga meminta kepada KPU Enrekang agar bersurat secara resmi ke Polres Enrekang untuk mendapatkan data-data personel yang akan, telah dan akan memasuki masa purna tugas.

"Oleh karena itu, kami akan menyerahkan data terkait anggota kepolisian yang telah memasuki masa purnawirawan sejak tahun 2019 sampai tahun 2021, demikian juga dengan data anggota Polri yang baru," katanya.

Andi Sinjaya berpesan agar KPU Enrekang juga senantiasa berbagi informasi dengan Polres Enrekang dalam rangka mempersiapkan agenda menjelang pemilu dan pilkada pada 2024.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024