Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyeleksi mahasiswa berprestasi (Mawapres) terbaik tingkat universitas sebagai upaya mewujudkan target tiga besar di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2021.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof Dr drg A Arsunan Arsin M Kes di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya secara terukur selalu mendorong dan memacu prestasi mahasiswa melalui berbagai kebijakan.

Sehingga diharapkan dengan berbagai upaya dan langkah strategis tersebut dapat mengokohkan Unhas dan meraih prestasi membanggakan seperti pada ajang Pimnas lalu, dimana mahasiswa Unhas dapat menorehkan prestasi luar biasa. 

"Proses seleksi berlangsung tiga hari yang diikuti oleh 15 mahasiswa perwakilan setiap fakultas yang juga telah melalui proses penyeleksian," ujarnya.

"Kita berharap, tahun ini mahasiswa yang mewakili Unhas dapat mencatat prestasi tiga besar, karena selama ini wakil kita belum pernah masuk dalam tiga besar," lanjut Prof Arsunan.

Ia menjelaskan bahwa seleksi dilakukan terhadap 15 mahasiswa berprestasi tingkat fakultas, untuk selanjutnya menghasilkan mahasiswa berprestasi tingkat Unhas.

Ia mengaku secara teknis tetap sama namun untuk tahun ini sengaja dilakukan penguatan kompetensi yang lebih diarahkan pada penguatan inovasi mahasiswa. 

"Di tingkat Unhas proses pemilihan lebih berfokus kepada kompetensi inovasi, kemampuan presentasi dan kecakapan berbahasa Inggris. Kami berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan kepada mahasiswa terpilih. Jadi mereka akan tetap dibimbing usai seleksi ini," jelasnya.

Prof Arsunan menambahkan, komitmen kemahasiswaan dalam mendorong pengembangan mahasiswa terlihat dari keterlibatan organisasi baru yang rencananya akan segera dibentuk. 

Organisasi ini terdiri dari para alumni Mawapres Unhas yang memiliki banyak pengalaman. Selain itu, juga akan dilibatkan para stakeholder yang mempunyai kapabilitas untuk menguatkan kemampuan mahasiswa.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024