Makassar (ANTARA) - Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Fachry Ali mengingatkan jajarannya terkait persiapan merger Pelindo I, II, III dan IV yang akan dilaksanakan September 2021.

“Saya atas nama komisaris ingin menekankan kembali bahwa tentu ada perubahan perubahan yang bersifat struktural dari merger yang akan dilaksanakan pada bulan September tahun ini,” kata Fachry pada Raker I Pelindo IV 2021 di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, akibat merger itu tentu perubahan-perubahan struktural itu bisa terjadi bermacam-macam. Namun satu hal, merger yang akan dilakukan bukanlah merger yang bersifat horisontal melainkan bersifat vertikal yang memerlukan adjustment “bersifat radikal”.

Dengan demikian, merger yang bersifat vertikal ini berada di luar pengalaman korporasi sejak Pelindo I sampai dengan Pelindo IV didirikan.

“Oleh karena itu, atas nama komisaris, kami atau saya menyarankan untuk meningkatkan kemampuan adjustment, kemampuan penyesuaian diri terhadap sektor merger dari korporasi yang akan berlangsung beberapa bulan kemudian,” katanya.

Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh direksi tambah dia, terutama suatu strategi yang bersifat outward looking, yaitu pandangan yang bersifat keluar harus terus dilanjutkan.

Menurut dia, kerja sama dengan aktor-aktor global, yang berhubungan dengan pelabuhan maupun yang berhubungan dengan sumber daya finansial, harus tetap dilakukan sebab itu akan memberikan legacy dan juga memberikan akses kepada korporasi yang akan dimerger.

“Terlepas daripada siapa yang kemudian akan melaksanakannya, tetapi program semacam ini dalam konteks korporasi adalah suatu yang sangat konstruktif dan juga memberikan model kepada para karyawan yang berada di bawah jajaran direksi,” kata Fachry.

Dia berharap, semoga rapat kerja ini akan memunculkan program-program kerja yang lebih realistis tetapi pada saat yang sama juga bersifat produktif.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengapresiasi seluruh direksi dan karyawan karena kinerja cukup bagus yang berhasil dituai selama 2020 meskipun tahun lalu badai pandemi COVID-19 menerpa dunia usaha termasuk BUMN Kepelabuhanan ini. Suasana Raker I PT Pelindo Iv yang dibuka Komisaris Utama PT Pelindo IV Makassar Fachry Ali di Kantor Pellindo IV, Makassar, Kamis (26/5/2021). ANTARA Foto / HO/Humas Pelindo IV

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024