Makassar (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan salah satu upaya dalam menggenjot nilai ekspor yakni melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM.

Teten Masduki sekaligus mengajak seluruh pihak yang berkepentingan baik pemerintah pusat, daerah, perbankan dan pihak swasta untuk meningkatkan target volume ekspor ke depan.

"Yang paling utama adalah pendampingan, agar produk mereka (UMKM) dapat bersaing dan bisa masuk pasar global," ujarnya saat meluncurkan ekspor briket di Kawasan Industri Makassar (KIMA), Senin.

Ia menjelaskan pelaku UMKM masih membutuhkan pendampingan berkelanjutan sehingga mampu memasarkan produk unggulannya di pasar internasional.

Menurut dia, persoalan peningkatan kapasitas ekspor para pelaku UMKM memang tidak harus menunggu semua pelaku UMKM siap untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.

Proses pendampingan sudah bisa dilakukan satu persatu dan itu juga sejalan dengan komitmen Menteri BUMN agar proaktif baik pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan pendampingan

"Agar bisa naik hingga lima kali lipat (nilai ekspor), maka bisa jadi solusi harus didampingi satu persatu.  Kalau kita menunggu beres semua, justru akan lebih susah, kita harus turun," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024