Makassar (ANTARA) - Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Muhammad Arsyad Thaha MT mendorong para alumni Program Profesi Insinyur (PPI) mengambil peran dalam pembangunan benua maritim Indonesia ke depan.

Prof Arsyad dalam acara penyumpahan insinyur di Makassar, Senin, mengatakan insinyur Indonesia harus memiliki konsep pemikiran dan perilaku terhadap negara maritim, dengan memikirkan pembangunan dari laut, udara, dan darat yang saling terintegrasi. 

"Laut itu bukan pemisah, tetapi penyambung. Di sinilah peran insinyur Indonesia untuk menggali potensi," katanya.

"Hal ini bisa didiskusikan melalui seminar mengenai bagaimana peran PII untuk membangun benua maritim Indonesia secara terintegritas," lanjut Prof Arsyad

Ia juga berharap dengan bertambahnya lulusan baru, dapat memacu kualitas SDM di Unhas khususnya Fakultas Teknik untuk lebih baik ke depan. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Muh Restu menuturkan alumni dituntut bekerja secara profesional untuk memperkokoh integrasi.

Hal ini sejalan dengan komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia sesuai kompetensi yang dimiliki. 

Unhas mengapresiasi peserta yang mengikuti profesi insinyur yang terus meningkat secara geografis dari wilayah Timur ke Barat. Terdiri dari sebaran profesi instansi pemerintah, kementerian dan lembaga dari perusahaan nasional dan multi nasional. 

"Ini merupakan kesempatan bagi Unhas mengembangkan mitra dalan upaya meningkatkan kualitas dengan menjalin kolaborasi bersama," ujarnya.

"Sejalan dengan program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, lulusan profesi insinyur dapat memfasilitasi melalui lembaga yang dimilikinya untuk melakukan program magang dan riset pembelajaran dunia perusahaan industri," sambungnya. 

Ketua Prodi PPI Unhas Dr Eng Ir Ilham Bakri, menjelaskan untuk periode ini, sebanyak 425 insinyur baru di kelas Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Untuk tahun depan ada sebanyak 14 insinyur program kelas reguler. 

“Saat ini PPI telah menghasilkan total 1.571 insinyur baru, berlatar belakang ASN, dosen PTN/PTS, instansi, dan perusahaan. Periode ini, prodi sangat mengapresiasi terhadap PT Vale dengan mengirimkan 150 Engineering untuk menjadi insinyur profesional ,” urainya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024