Makassar (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menyatakan pagelaran Bazar Kuliner dan Fashion bernama MTF Market 'Fresh Start' tahun 2021, dapat membangkitkan perekonomian utamanya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) menghadapi tekanan berat ditengah pandemi Covid-19.

"Kita berharap MTF Market ini menjadi momentum membangkitkan UMKM yang selama ini ikut terdampak akibat pandemi," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid di Mal Pipo, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kamis.

Pihaknya pun mengapresiasi pelaksanaan MTF yang digelar media Makassar Terkini/Terkini.id, meramu solusi di tengah lesunya ekonomi dengan membuat kegiatan positif dan memberi banyak manfaat bagi pelaku UMKM.

"Saya mengapresiasi Makassar Terkini atau terkini.id karena kegiatan MTF Market mengangkat upaya kebangkitan UMKM baik di Makassar maupun di luar Makassar. Sebab, pandemi Covid-19, bukan hanya sektor pariwisata terdampak, tapi juga usaha UMKM ikut terpuruk," papar Maya, disapa akrab itu.

Pagelaran MTF Market telah memfasilitasi dan mempromosikan UMKM. Harapannya, setelah kegiatan ini selesai, mereka pulang dan akan mempromosikan kuliner khas Makassar.
  Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid (tengah) bersama CEO Makassar Terkini/terkini id, Adhi Santoso (kanan) dan Pemimpin Kelompok Bisnis BNI Kantor Wilayah Makassar, Tenri Ajeng P (kiri) dalam kegiatan Market Fresh 2021, di Mal Pipo, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (1/7/2021). FOTO/HO/Dokumentasi.

Di tempat yang sama, CEO terkini.id, Adhi Santoso menuturkan, setiap kota besar selalu memiliki aktivitas bagaimana membangkitkan UMKM. Potensi pariwisata alam di Makassar terbatas, tetapi untuk produk kulinernya tidak terbatas.

Kehadiran MTF Market ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi tidak hanya bagi pelaku UMKM, tapi pariwisata khusus di bidang kuliner ikut terdongkrak naik. Selain itu, MTF Market juga mendukung penuh Program Makassar Recover yang kini diterapkan Pemerintah Kota.

"Seluruh kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada semua tenant. Pesertanya pun sudah divaksin Covid-19. Kita juga berharap kegiatan ini dapat mendatangkan kunjungan turis," paparnya.

Pria berlatarbelakang pengusaha media milenial itu menjelaskan, seluruh UMKM tergabung dalam MTF Market menerapkan tenant secara digital seperti penggunaan platform aplikasi pembayaran seperti QRIS, Shoope, OVO serta GoPay.

Tujuannya, untuk menghindari dan menekan penularan Covid-19 melalui transaksi konvensional. Sebab zaman sudah berubah sehingga UMKM dituntut perlu memasuki ekosistem secara digital.

"Zaman sekarang orang belanja pakai ponsel android. Kita tidak boleh ketinggalan momentum. Kami selalu siap dan sigap memberikan kemudahan masyarakat terutama membantu kebangkitan UMKM," tambah perintis media Makassar Terkini dikenal terkini.id.

Pelaksanaan MTF Market Fresh tersebut berlangsung 30 Juni-4 Juli di Mal Pipo Makassar, yang merupakan rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Makassar Terkini ke-18 tahun pada 7 Juli 2021.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024