Mamuju (ANTARA) - Pengusaha sawit di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan mengekspor sebanyak 12 ribu ton cangkang sawit ke Jepang pada pertengahan Juli 2021.

Kepala Karantina Pertanian Kabupaten Mamuju Agus Hariono, di Mamuju, Jumat, mengatakan pemerintah di Sulbar juga telah mengundang semua pemangku kepentingan (stakeholder) untuk membahas rencana tersebut.

"Direncanakan ekspos cangkang sawit itu akan dilaksanakan pada 15 Juli 2021," ujarnya.

Kepala Kantor Unit Kelas III Pelabuhan Belang Belang, Kabupaten Mamuju, Kristina Anthon, juga mengatakan pihaknya telah siap mendukung rencana ekspor belasan ton sawit tersebut.

"Kamis siap mendukung setiap ekspor hasil alam dari Sulbar, sehingga terjadi peningkatan pendapatan daerah di Sulbar, dan peningakatan perekonomian Sulbar, ekspor sawit ini  merupakan ekspor hasil bumi yang keempat kalinya dilakukan pemerintah Sulbar," katanya.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan Pemerintah Provinsi Sulbar juga telah membahas upaya mendukung  ekspor cangkang sawit tersebut bersama instansi terkait.

Ia berharap ekspor tersebut membuat perekonomian Sulbar lebih cepat berkembang dan meminta seluruh pihak mensukseskannya. 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024