Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Sutinah Suhardi memberikan penghargaan kepada pencipta lagu daerah setempat.

"Pemerintah di Mamuju memberikan penghargaan kepada pencipta lagu daerah Mamuju, sebanyak tujuh orang," kata Bupati  Sutinah di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan pemberian penghargaan yang dilakukan dalam acara malam apresiasi pencipta lagu atau "Kelong Mamuju" adalah bentuk penghargaan yang tinggi atas karya para seniman daerah Mamuju.

"Pencipta lagu daerah Mamuju telah mendedikasikan dirinya dalam melestarikan kearifan lokal melalui karya seni, sehingga selayaknya diberikan penghargaan," katanya.

Bupati Mamuju mengaku, sangat mengapresiasi adanya kegiatan penghargaan seniman ini, dan akan terus memberikan perhatian terhadap kemajuan seni dan budaya di Mamuju yang dikenal "Bumi Manakarra".

Ia mengatakan, pemberian penghargaan dilaksanakan dengan menerbitkan Surat keputusan (SK) atas pemberian penghargaan serta dilakukan dokumentasi berupa foto para seniman tersebut akan diabadikan di museum daerah.

Pencipta lagu dan judul lagu Mamuju yang diberikan penghargaan diantaranya, Andi Maksum Dai dengan lagu ciptaanya "Oh Pulo Karampuang" kemudian Alipahuddin dengan lagu O Mamuju.

Selain itu, Burhanuddin judul lagu Mobau, M.Arifinarsyad judul lagu Manakarra Makkarama, Ahmadzul judul lagu Lemba Tapalang, Eistamabitte, judul lagu Baranaq Sitandiq Tandi, dan Abd Mutalib Kampil judujudul lagu Indo Pembolongan.

Sementara itu, Bau Akram Dai, yang mewakili mendiang Raja Mamuju, H. Andi Maksum Dai, sebagai pencipta lagu Mamuju "Oh pulo karampuang", menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Mamuju atas penghargaan yang diberikan.

Ia memberikan, apresiasi yang sangat besar atas adanya penghargaan mengenang jasa pencipta lagu Mamuju.

Ia berharap generasi muda lebih kreatif mencipta lagu agar tidak kalah dari para pendahulu mengembangkan seni daerah ini.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024