Mamuju (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengajak para pemuda di daerah itu untuk mengubah pola pikir dengan tidak berharap hanya menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tetapi mengoptimalkan potensi diri dengan menciptakan lapangan kerja sendiri atau membuat peluang usaha.

"Kepada para wisudawan dan pemuda pada umumya, supaya mengubah cara berpikir berharap menjadi ASN, tetapi berusahalah mewujudkan kemandirian dengan memanfaatkan kompetensinya untuk mendayagunakan potensi tenaga kerja di daerah ini," kata Ali Baal Masdar, pada wisuda 440 lulusan Universitas Tomakaka Mamuju angkatan X Tahun Akademik 2020/2021 di Mamuju, Selasa.

Gubernur menyampaikan, kesempatan tersebut merupakan momen penting dari para wisudawan, orang tua dan keluarga, setelah perjuangan panjang dengan berbagai suka dan duka sebagai dinamika dunia mahasiswa.

"Proses wisuda ini menjadi titik awal para wisudawan untuk mengaplikasikan berbagai teori ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh sebagai mahasiswa," ujarnya.

Dalam pembangunan sumber daya manusia, lanjut gubernur, memiliki tujuan untuk mewujudkan generasi yang berkualitas dan profesional.

"Karena itulah, sebagai gubernur saya berharap masukan dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan perguruan tinggi dan para akademisi, untuk berperan serta dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sulbar," ucapnya.

Menurut dia, tantangan para wisudawan ialah bagaimana memanfaatkan kompetensi yang dimiliki untuk berperan bersama pemerintah dalam pendayagunaan potensi tenaga kerja dengan berupaya membuka lapangan kerja yang disertai peningkatan produktivitas.

Sementara itu, Rektor Universitas Tomakaka Mamuju Syahril mengemukakan, wisuda tersebut sedianya dilaksanakan pada 16 Januari 2021, namun akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah itu sehingga prosesi wisuda baru dapat dilaksanakan.

Universitas Tomakaka lanjutnya, memiliki tujuh fakultas dengan 14 program studi.

"Secara institusi program studi yang diselenggarakan telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi baik. Sampai tahun akademik 2020/2021 Universitas Tomakaka Mamuju telah menghasilkan lulusan sebanyak 3.757 orang, termasuk yang diwisuda pada hari ini," ujar Syahril.

Wisuda tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi , Asisten II Pemkab MamujuTonga, Ketua KPU Sulbar Rustang serta sejumlah perwakilan unsur forkopimda di daerah itu.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024