Makassar (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Perguruan Wadokai Sulawesi Selatan berpeluang menyumbangkan karateka terbaiknya mewakili Indonesia di kejuaraan internasional.

Sekretaris Umum Wadokai Sulsel, Sumarto, di Makassar, Jumat, mengatakan, jika karateka Sulsel bisa memperlihatkan kemampuan terbaiknya di kejurnas Piala Kapolri, maka peluang memperkuat Indonesia dikejuaraan dunia wadokai akan terbuka lebar.

"Kejurnas kali ini pada dasarnya bertujuan menyaring para karateka yang memiliki potensi untuk diikutkan pada ajang internasional. Kita berharap peluang ini makin menambah motivasi seluruh atlet untuk bermain lebih maksimal," jelasnya.

Mengenai peluang Sulsel ataupun provinsi lain untuk mewakili Indonesia dikejuaraan dunia juga ditegaskan langsung Ketua Umum PB Wadokai, Brigjen Pol Syafruddin.

Menurut Ketua PB Wadokai yang juga Kapolda Kalimantan Tengah itu, penyelenggaraan kejurnas ini bisa menjadi momentum bagi setiap atlet untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya sehingga membuka peluang menjadi tim karate nasional.

"Pelaksanaan kejurnas ini sangat strategis bagi Perguruan Wadokai sebagai upaya mempersiapkan karateka menghadapi event yang lebih besar. Makanya kita harap momen itu bisa dimanfaatkan lebih baik sehingga membuka peluang berlaga ditingkat dunia," katanya.

Ia menambahkan, PB Wadokai pada tahun 2011 ini tengah menatap dua kejuaraan internasional. Agenda internasional yang pertama yakni kejuaraan Wadokai yang rencananya digelar di Jepang , Agustus 2011.

Sedangkan kejuaraan dunia Wadokai kedua akan berlangsung di Bali, Oktober 2011.

Selain kejuaraan internasional. Wadokai juga memiliki agenda kejuaraan nasional karate yang memperebutkan Piala Mendagri dan Mendiknas, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 23-25 Juni 2011.

"Pola pembinaan seperti kejurnas ini menjadi sebuah keharusan dalam mempersiapkan karateka masa depan yang lebih berprestasi," ujarnya. (T.KR-MH/A020) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024