Mamuju (ANTARA) - Pemerintah melalui Balai Jalan Nasional Sulawesi melanjutkan pembangunan jalan arteri II di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, yang akan dimulai pada Januari 2022.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, di Mamuju, Rabu, menyampaikan bahwa pembangunan jalan nasional arteri II tersebut dimulai dari Jalan Yos Sudarso atau tepatnya di ujung Hotel Maleo hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mamuju  hingga ke jalur dua, dengan total panjang jalan 1,8 kilometer.

"Inshaa Allah, pembangunan Jalan Arteri II akan dimulai pada Januari 2022. Jalan Arteri II ini akan dibangun sepanjang 1,8 kilometer," ujar Ali Baal Masdar

Pembangunan Jalan Arteri II tersebut lanjut Gubernur, telah dibahas bersama Balai Jalan Nasional Sulawesi, pada Selasa (3/8).

"Kita berharap keinginan pemerintah daerah untuk melanjutkan pembangunan jalan arteri II ini dapat berjalan dengan sukses. Kita akan terus berupaya membantu pihak Balai Jalan Nasional Kementerian PUPR, supaya awal Januari tahun depan sudah bisa kita  laksanakan pembangunannya," harap Ali Baal Masdar.

Gubernur menekankan bahwa ditargetkan pada 2024 pembangunan untuk semua infrastruktur jalan di Sulbar harus selesai, termasuk jalan Mamasa-Tabang, Mambi -Mala'bo, pelabaran jalan dari Mamuju ke Majene sampai ke perbatasan Sulawesi Tengah. 

"Itu semua harus rampung di 2024," kata Ali Baal Masdar.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Sulbar Muh Aksan menyampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat bersama Gubernur Sulbar dan pihak Balai Jalan Nasional telah disepakati kelanjutan pembangunan Mamuju Arteri Road.

"Tahun ini, pihak Balai Jalan Nasional dan pemerintah daerah akan melakukan perencanaan pembangunan jalan alternatif tersebut," tutur Muh Aksan.

"Desain Jalan Arteri II tersebut sudah selesai, yang selanjutnya memasuki tahap lelang di akhir tahun dan diharapkan di awal Januari pembangunan fisiknya sudah dapat berjalan," tambahnya.

Ia mengaku bersyukur sebab pihak Balai Jalan Nasional dari Kementerian PUPR sudah menyetujui rencana lanjutan  pembangunan Jalan Arteri II Mamuju itu.

"Alhamdulillah, pihak Balai Jalan Nasional sudah menyetujui rencana lanjutan  pembangunan Jalan Arteri II. Juga sudah dibahas mengenai pembebasan lahannya dan aspek sosial di masyarakat. Kita akan melanjutkan jalan itu sepanjang 1,8 kilometer," ujar Muh Aksan.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024