Makassar (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dishub serta TNI-Polri kembali menggelar operasi penegakan protokol kesehatan (protkes) COVID-19 untuk mendisiplinkan warga pejalan kaki maupun pengendara yang melintas di perbatasan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Operasi ini untuk mendisiplinkan baik warga (pejalan kaki) maupun pengendara yang melintas di perbatasan dari arah Gowa ke Kota Makassar berkaitan dengan protkes," kata Perwira Pengendali (Padal) Posko PPKM Level IV Makassar Iptu Basman di sela-sela operasi penegakan disiplin protkes COVID-19 di perbatasan Makassar-Gowa, Rabu.

Ia mengatakan operasi tersebut digelar setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

Untuk pola pemeriksaan, kata dia, dilaksanakan pada setiap kendaraan yang dicurigai melanggar protkes seperti tidak mengenakan masker dari arah pintu masuk perbatasan Kota Makassar akan diberhentikan petugas jaga.

"Diberhentikan bila melanggar, dan langsung kita gelar tes swab antigen kepada pelanggar di lokasi. Bila ditemukan reaktif, langsung didata dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan serta dilaksanakan isolasi mandiri oleh tim medis. Sejauh ini belum ada terjaring," kata Basman.

Sedangkan proses pemeriksaan saat operasi, kata dia, para pengendara disampaikan secara baik dengan pendekatan presuasif nilai-nilai edukasi terkait protkes COVID-19, seperti wajib mengenakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan cuci tangan setelah beraktifitas.

Operasi PPKM level IV tersebut terus dilanjutkan hingga masa aktif berakhir.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gowa dan Pemerintah Kota Makassar telah sepakat berkolaborasi pada semua tingkat saat PPKM, termasuk menekankan  penyebaran dari arah pintu masuk masing-masing perbatasan.

Sementara di Kabupaten Gowa, tim Satgas COVID-19, melalui satpol PP bergerak membagikan masker secara gratis bagi warga maupun pengendara yang berada di jalanan. Ini dilakukan sebagai bagian pengendalian penularan virus di masa perpanjangan PPKM level 3 di daerah setempat.
 

Anggota Satpol PP memantau pergerakan pengendara saat  operasi penegakan disiplin protokol kesehatan PPKM di perbatasan pintu masuk dari Kabupaten Gowa ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/8/2021). ANTARA/Darwin Fatir.

Tidak hanya membagikan masker, tim Satgas dari Satpol PP juga rutin melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada sejumlah instasi pemerintah kabupaten terkait kewajiban mengenakan masker dan menerapkan prinsip protkes.

"Langkah ini untuk mempertegas komitmen pemerintah untuk menangani pandemi serta menekan  penularan virus corona di daerah Kabupaten Gowa dan sekitarnya," tambah Kepala Bidang (Kabid) Trantib Satpol PP Kabupaten Gowa Rizky Abe.

Data perkembangan info situasi Satgas COVID-19 Sulsel dilansir per 3 Agustus 2021, pasien terkonfimasi positif bertambah 1.131 pasien, dengan jumlah akumulasi 86.180 pasien positif hingga hari ke-502 sejak awal masuknya COVID-19 pada Maret 2020.

Sedangkan angka kesembuhan pasien mengalami penambahan 539 pasien, dengan jumlah akumulasi sebanyak 73.135 pasien sembuh. Angka kematian juga bertambah 17 orang, dari jumlah akumulasi sebanyak 1.400 orang meninggal dunia.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024