Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat memberikan bantuan eskavator sebanyak satu unit kepada pemerintah di Kabupaten Mamuju Utara untuk meningkatkan produksi perikanan di daerah itu.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan, di Mamuju, Kamis, mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar memberikan bantuan satu unit eskavator kepada pemerintah di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) untuk diserahkan kepada petani tambak ikan di daerah itu.

Ia mengatakan, bantuan itu nantinya diberikan Pemerintah di kepada petani tambak yang ada di Kecamatan Sarudu Kabupaten Matra untuk digunakan atau dimanfaatkan menggali tambak ikan yang dapat digunakan melakukan pembudidayaan ikan hingga ratusan hektare.

"Eskavator yang dianggarkan melalui APBN tahun 2011 ini, akan digunakan masyarakat dalam rangka mengembangkan perikanan tambak di Matra agar produksi perikanan tambak di daerah itu dapat terus meningkat,"katanya.

Menurut dia, selain memberikan bantuan eskavator Pemerintah di Sulbar juga memberikan bantuan kapal nelayan dengan kapasitas 30 GT sebanyak satu unit untuk nelayan matra dalam rangka peningkatan produksi perikanan tangkap di daerah itu.

Gubernur mengatakan, pemberian bantuan kapal nelayan dan eskavator untuk pembudiyaan perikanan di Matra untuk meningkatkan produksi perikanan Matra dalam rangka meningkatkan produksi perikanan Provinsi Sulbar.

Ia mengatakan, dengan bantuan tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi perikanan di Sulbar yang pada tahun 2010 sekitar 72.638 ton agar dapat meningkat menjadi 100.000 ton ditahun 2011 ini.

"Matra dikenal sebagai penghasil sawit karena daerah itu memiliki perkebunan sawit melimpah namun bukan berarti daerah itu tidak akan mampu menjadi daerah penghasil perikanan karena potensi perikanan di Matra juga menjanjikan," katanya.

  Ia mengatakan, pemerintah juga telah membangun pelabuhan perikanan di Matra dalam mendukung upaya peningkatan produksi perikanan di sulbar itu.(T.KR-MFH/A033) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024