Makassar (ANTARA) - Manajemen Bank Syariah Indonesia (BSI) Region XI Indonesia Timur di Makassar menyatakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada semester I tahun 2021 terjadi peningkatan signifikan dibandingkan periode yang sama di 2020.

Pjs Kepala Eksekutif Regional BSI Region XI Latif Komarudin di Makassar, Sabtu, menyebut pada semester I tahun 2021, pihaknya telah menyalurkan dana KUR sebanyak Rp218 miliar dengan total debitur 2.260 nasabah. Sedangkan penyaluran dana KUR pada periode sama di tahun sebelumnya tercatat sebesar Rp107,6 miliar untuk 2.094 nasabah.

"Peningkatannya (penyaluran dana KUR) memang signifikan, lebih dari 50 persen. Dana KUR ini disalurkan melalui outlet yang ada cabang penyalur KUR karena tidak semua cabang bisa menyalurkan dana KUR," ujarnya.

BSI Region XI Indonesia Timur yang berkedudukan di Makassar meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua yang membawahi tiga area meliputi Area Makassar yang membawahi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar), Area Palu yang membawahi Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Gorontalo,  dan Area Manado membawahi Sulut, Maluku, Papua.

Latif mengatakan pada semester I 2021 ini terdapat 2.260 nasabah yang telah menerima dana KUR via BSI pada delapan provinsi dan tersebar di berbagai outlet BSI seperti Makassar, Manado dan Palu.

Ia menyebut jenis KUR yang telah disalurkan bervariatif mulai dari KUR Ultra, KUR Mikro dan KUR kecil yang telah tersebar tergantung dari kondisi masyarakat berdasarkan hasil verifikasi di lapangan.

Namun secara umum, Latif mengungkapkan bahwa kebanyakan nasabah penerima dana KUR tahun ini merupakan UMKM yang masuk dalam kategori KUR Mikro dengan bantuan modal maksimal Rp200 juta.

Peningkatan penyaluran dana KUR ini juga diikuti penyaluran KUR di area Provinsi Sulawesi Selatan. 

BSI mencatat penyaluran KUR di Sulsel pada semester I tahun 2020 sebanyak Rp60 miliar dari total debitur 1.259 nasabah. Jumlah ini dua kali lipat dari realisasi penyaluran dana KUR di tahun 2021 yang mencapai Rp131 miliar terhadap 1.363 nasabah pada periode sama.

Terkait kuota penerima, lanjut Latif, itu berdasarkan kuota nasional yang kebijakannya ditentukan oleh BSI Pusat. Namun BSI Region XI Makassar telah mencapai target pembiayaan hingga 100 persen dari total target Rp323 miliar sementara hingga Juni 2021, pembiayaan telah mencapai Rp363 milair.

"Ada peningkatan, secara jumlah nasabah tentu meningkat dengan total 4.940,  dan terjadi penambahan 2.260 nasabah dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Latif juga membeberkan bahwa pinjaman dana KUR didominasi oleh UMKM kategori kecil dengan jumlah pinjaman di bawah Rp100 juta khususnya di Sulawesi Selatan tahun 2021.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024