Makassar (ANTARA News) - Provinsi Sulawesi Selatan menempati urutan kedua secara nasional sebagai provinsi yang kabupaten dan kotanya meraih penghargaan Adipura terbanyak setelah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Sulsel Tamzil Tadjuddin di Makassar, Senin, mengatakan pada 2011 terdapat 11 kabupaten dan kota yang meraih Adipura.

"Pada kategori kota sedang diraih oleh Kota Pare Pare dan Palopo, sedangkan kategori kota kecil adalah Pangkep, Pinrang, Barru, Masamba, Malili, Watansoppeng dan Sengkang. Dua kabupaten lainnya yaitu Bulukumba dan Maros meraih sertifikat," katanya.

Menurut dia, jumlah penghargaan ini berkurang dibandingkan pada periode penilaian tahun sebelumnya di mana Sulsel meraih 13 penghargaan, terdiri atas 11 anugerah dan dua piagam.

 "Hal ini terkait Kementerian Lingkungan Hidup menaikkan angka penilaian atau 'passing grade' dari 73 menjadi 74 berdasarkan kriteria kebersihan, ruang terbuka hijau, pengolahan sampah serta pemantauan kualitas air dan udara," katanya.

Peningkatan "passing grade" tersebut juga berpengaruh pada jumlah penerima penghargaan secara nasional. Pada 2011 penghargaan Adipura hanya diraih oleh 88 kabupaten dan kota, terdiri atas 63 peraih piala dan 25 meraih piagam.

"Sementara pada periode 2009-2010 penghargaan diberikan kepada 128 kabupaten dan kota," katanya.(T.KR-RY/E005)



Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024