Manado (ANTARA) - Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri bersama Polda Sulawesi Utara (Sulut) mulai melaksanakan pembangunan gedung laboratorium forensik diawali dengan penancapan tiang pancang di areal Sekolah Polisi Negara Polda Sulut, terletak di Karombasan Manado, Selasa.

Pencanangan itu dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Kepala Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri Brigjen Pol R Agus Budiharta dan Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir.

"Barusan kita melaksanakan groundbreaking pertanda dimulainya pembangunan laboratorium forensik di Manado," ujar Irjen Pol Nana Sudjana.

Pembangunan ini, kata Kapolda, merupakan gedung laboratorium forensik ke 10 yang dibangun di Indonesia, dimana sebelumnya Polda Sulut dalam melakukan pemeriksaan forensik harus ke Labfor Makassar dulu.

"Ini tentunya lebih menghemat waktu dan biaya penyidikan. Dan Labfor ini juga bisa dimanfaatkan oleh polda yang ada di sekitar Sulut," kata Kapolda.

Ia juga mensyukuri saat ini Polri terus melengkapi sarana dan prasarana khususnya yang ada di Sulut.

"Dibangunnya Labfor ini dalam rangka memberikan pelayanan lebih profesional kepada masyarakat khususnya membantu dalam mempercepat pengungkapan kasus," kata Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Pembangunan Laboratorium Forensik di Manado Sulawesi Utara ini direncanakan berlangsung selama kurang lebih dua tahun.

Kapolda Nana Sudjana melakukan pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya penancapan tiang pancang pembangunan tersebut.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024