Makassar (ANTARA) - PLN menggandeng KodamXIII/Merdeka untuk mempercepat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) guna meningkatkan keandalan listrik dan mendorong pertumbuhan investasi di Pulau Sulawesi,

``Ini khususnya PSN di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah serta memperkuat sinergi dengan stakeholder, maka PLN menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan TNI AD Kodam XIII/Merdeka dalam hal pendampingan pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK),`` kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi, Defiar Anis di Makassar, Jumat.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini, lanjut Defiar, bertujuan untuk menyamakan persepsi, meningkatkan komunikasi, koordinasi, pengawasan dan sinergi antara PLN dan Kodam XIII/Merdeka dalam rangka mendukung pelaksanaan proyek Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) seperti Pembangkit dan Jaringan di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Karena itu, pihaknya berterima kasih kepada Kodam XIII/Merdeka yang senantiasa bersinergi dengan PLN dan turut mendukung pelaksanaan PIK.

`PKS ini sangat penting untuk percepatan PSN terutama dalam hal Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan,” jelas Anis.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, ia berharap dapat meminimalisir kendala di lapangan agar pembangunan dapat berjalan lancar demi meningkatkan keandalan listrik di Pulau Sulawesi Khususnya Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Wanti Waranei Franky Mamahit juga berharap agar PKS ini segera ditindaklanjuti dengan harapan dapat bermanfaat bagi PLN UIP maupun Kodam XIII/Merdeka.

``Ini khususnya dalam menjamin keamanan dan kelancaran dalam pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) sebagai upaya PLN dalam usaha menerangi Indonesia khususnya di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Menurut Waranei, pemenuhan listrik menyangkut hajat hidup orang banyak untuk itu Kodam XIII/Merdeka wajib mendukung pelaksanaan proyek ini agar dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Adapun objek dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani antara PLN dan Kodam XIII/Merdeka mencakup pendampingan dalam hal pengamanan daerah teritorial, komunikasi sosial, penanganan permasalahan sosial dan fisik pembangunan dalam pelaksanaan proyek PIK.

PLN senantiasa bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam meningkatkan keandalan listrik di Indonesia agar dapat Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.
  Suasana penandatanganan nota kesepahaman antara pihak PLN UIP Sulawesi dan Kodam XIII/ Merdeka untuk mempercepat pembangunan Proyek Strategis Nasional di wilayah utara Sulawesi. ANTARA Foto/ HO/Humas PLN UIP Sulawesi

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024