Makassar (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar membekali warga binaan pemasyarakatan (WBP) pengetahuan dan ketrampilan budi daya burung puyuh bantuan dari Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar.

Kepala Lapas Kelas I Makassar Hernowo Sugiastanto di Makassar, Kamis, mengatakan sebanyak 400 ekor burung puyuh diberikan langsung oleh Kepala Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Dinas Evy Aprialti di ruang Bimbingan Kerja Lapas Makassar, pada Rabu (22/9).

Hernowo mengatakan bantuan burung puyuh tersebut akan dibudidayakan dan dikelola oleh 15 warga binaan yang telah lulus assessment oleh tim Bidang Bimbingan Kerja dan digilir untuk mengelola telur puyuh yang dihasilkan.

"Kegiatan ini akan menjadi pembelajaran dan bekal bagi warga binaan yang nantinya bisa menghasilkan pendapatan. Diharapkan setelah bebas mereka dapat termotivasi untuk mengembangkan usaha mandiri beternak burung puyuh," ungkap Hernowo.

Sementara itu, Kadis Evy menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang dibangun Lapas Makassar dalam upaya bekerjasama mengembangkan ketrampilan berwirausaha warga binaan Lapas Makassar, khususnya terkait dengan peternakan.

Evy menambahkan akan melakukan monitoring setiap bulan untuk memantau perkembangan atau capaian pengembangan ternak oleh warga binaan Lapas Makassar.

Evi berharap kerja sama antara Lapas Makassar dan Pemkot Makassar khususnya Dinas Perikanan dan Pertanian dapat terus berlanjut dan terkoordinasi dengan baik untuk pengembangan usaha dan keterampilan Warga Binaan, dengan jangkauan lebih luas termasuk di dalamnya sektor pertanian dan usaha lainnya.

Sedangkan Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Makassar khususnya Dinas Perikanan dan Pertanian atas kepeduliannya, mendukung program pembinaan kemandirian warga binaan di Lapas Makassar, dan diharapkan nantinya sebagai bekal penghidupan kelak ketika warga binaan selesai menjalani masa pidananya dan berintegrasi kembali dalam lingkungan masyarakat. (*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024