Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Ramadhan Pomanto mengatakan pihaknya akan melakukan optimalisasi 12 pulau di Kota Makassar agar dapat menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

"Selain fasilitas pendukung yang kami siapkan, juga sangat penting kebersihkan dengan melakukan aksi bersih-bersih pulau dan pesisir yang panjangnya mencapai 40 kilometer dengan pantai hasil reklamasi," kata Ramdhan di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, pulau-pulau di Makassar memiliki potensi sebagai destinasi wisata seperti Pulau Gusung, Pulau Lanjukan, Kodingareng dan Kodingareng Keke, termasuk Pulau Lakkang yang berada di tengah daratan.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, kegiatan aksi bersih-bersih pantai dan tanam pohon sangat penting agar pulau maupun pesisir senantiasa bersih dan nyaman, sehingga menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

"Jadi kami sangat mengapreasi masyarakat baik yang tergabung dalam kelompok nonpemerintah (NGO), intitusi TNI dan Polri serta penggiat lingkungan yang secara rutin melakukan aksi bersih-bersih dari sampah plastik," katanya.

Karena itu Aksi Jumat Bersih (AJB) yang dilakukan Forum Sulsel Peduli dalam memperingati HUT ke-3 dengan dukungan kelompok NGO, institusi TNI/Polri, Perguruan Tinggi dan BUMN diantaranya PT Pegadaian Kanwil Makassar hari ini adalah wujud kepedulian untuk mendukung program pemerintah dalam megoptimalkan pulau menjadi destinasi wisata.

Menurut Rektor Universitas Negeri Makassar Prof Dr Husain Syam disela AJB pada hari ini yang diinisiasi Forum Sulsel Peduli (FSP), kegiatan ini akan turut membantu memotivasi warga setempat untuk memelihara lingkungannya.

"Khususnya membantu menjaga pulaunya dari sampah plastik yang berbahaya, baik karena adanya yang membuang sampah sembarangan maupun karena sampah kiriman," katanya.
  Aksi tanam pohon oleh Rektor UNM Makassar Prof Dr Husain Syam bersama Ketua Umum FSP Syamsu Rizal MI di Pulau Gusung di Makassar. ANTARA / Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024