Makassar (ANTARA) - Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) menggelar kegiatan zikir dan doa untuk menguatkan bangsa dan rakyatnya di tengah pandemi COVID-19 sekaligus menjadi rangkaian kegiatan HUT ke-76 TNI.

Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari di Makassar, Senin, memimpin kegiatan zikir dan doa di masjid serta beberapa asisten lainnya di rumah ibadah lainnya seperti gereja dan pura.

"Kegiatan zikir dan doa ini bagian dari rangkaian HUT ke-76 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober. Kegiatan dzikir dan doa ini dilaksanakan di masjid-masjid dan gereja," ujarnya.

Laksma TNI Benny Sukandari mengatakan beberapa kegiatan yang dilaksanakan selain dari zikir dan doa yakni ziarah ke taman makam pahlawan (TMP).

Dia menerangkan berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan TNI-Polri dalam menguatkan bangsa serta rakyatnya di tengah pandemi dengan menggelar vaksinasi massal setiap harinya.

"Vaksinasi massal salah satu upaya dalam menguatkan bangsa. Dengan terciptanya kekebalan tubuh kelompok atau herd immunity, maka kita akan bisa kembali beraktivitas normal lagi seperti biasanya sesuai dengan harapan kita semua," katanya.

Adapun beberapa tempat ibadah yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah Masjid Jami’atul Bahari Lantamal VI yang dihadiri Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, Gereja Lantamal VI yang dihadiri oleh Aspers dan Aspotmar Danlantamal VI serta Pura Giri Natha bagi para personel Lantamal VI yang beragama Hindu.

Usai pelaksanaan, Danlantamal VI mengatakan, doa bersama ini sesungguhnya tidak hanya ditujukan kepada TNI yang akan berulang tahun pada tanggal 5 Oktober nanti.

"Tetapi lebih luas lagi kita berdoa bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini. Kita berdoa bagi persatuan dan kesatuan bangsa yang akan membawa kepada kejayaan Indonesia," terangnya.

Pelaksanaan doa dan zikir bersama di masing-masing tempat ibadah umat beragama tersebut berlangsung dengan khidmat dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024