Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan pelayanan vaksinasi COVID-19 serentak di 23 puskesmas atau seluruh kecamatan di daerah itu.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi di Mamuju, Selasa, mengatakan vaksinasi serentak di seluruh kecamatan itu dilakukan menyusul masih rendahnya capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Sehingga lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Mamuju kembali melakukan berbagai langkah intervensi dengan melibatkan para pemangku kepentingan, salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi serentak di seluruh desa/kelurahan pada 23 puskesmas yang ada di daerah itu..

"Demi memberikan ruang pelayanan kepada semua warga Mamuju, kami telah menyiapkan rencana pelayanan vaksinasi serentak di semua kecamatan dan desa se-Kabupaten Mamuju. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2021," terang Sitti Sutinah Suhardi.

Pelaksanaan vaksinasi serentak tersebut menjadi salah satu poin yang dihasilkan dalam rapat koordinasi lintas sektor yang digelar di Kantor Bupati Mamuju dengan menghadirkan para camat, kepala desa dan unsur TNI/Polri di daerah itu.

Bupati berharap keseriusan dari semua aparat desa dan kecamatan, bersama-sama membangun kolaborasi dengan TNI/Polri serta para tokoh masyarakat untuk mempercepat capaian vaksinasi di wilayah masing-masing.

"Sehingga, target vaksinasi dapat segera meningkat, demi meningkatkan imunitas masyarakat terhadap COVID-19," ujar Sitti Sutinah Suhardi.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju Alamsyah Thamrin menyampaikan, capaian vaksinasi secara keseluruhan di Kabupaten Mamuju baru mencapai 26,28 persen.

Kecamatan Kalumpang dan Bonehau, lanjutnya, yang justru mencatatkan capaian yang lebih tinggi dibandingkan dengan kecamatan lain.

"Penyebabnya, selain karena jumlah penduduk yang memang sedikit, mereka juga memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya vaksinasi COVID-19," ujar Alamsyah.

Ia optimistis pelaksanaan vaksinasi serentak pada 7 Oktober 2021 dapat berjalan baik.

"Tenaga vaksinator dan vaksin telah siap di 23 puskesmas se-Kabupaten Mamuju," kata Alamsyah.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024