Makassar (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Region 6 yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua hingga Agustus 2021 menerima sebanyak 337 pengaduan konsumen dan 1.722 permintaan informasi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Hal itu dikemukakan Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen, OJK Region 6 Sulampua, Ferdian Ario Sasongko dalam keterangan persnya di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, pengaduan layanan konsumen didominasi oleh pengaduan restrukturisasi kredit sebanyak 103 pengaduan, pengaduan lelang agunan sebanyak 65 pengaduan dan pengaduan permasalahan agunan sebanyak 35 pengaduan.

Sementara itu, realisasi program Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Provinsi Sulawesi Selatan yakni PHINISI (Program Hapus Ikatan Rentenir Di Sulawesi) dan dalam rangka memfasilitasi media publikasi TPAKD dan masyarakat, telah diluncurkan website TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan.

"Semua informasi terkait jasa keuangan, maupun agenda yang sedang berjalan," kata Ario.

Terkait upaya mengedukasi masyarakat tentang jasa keuangan, lanjut dia, pada kegiatan Bulan Inklusi Keuangan Sulselbar Tahun 2021, Kantor OJK Regional 6 Sulmpua bekerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar), serta Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menyelenggarakan “Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan”.

Kebiatan bertema “Inklusi Keuangan untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Bangsa” digelar selama sepekan 4 - 10 Oktober 2021 di Toraja Utara, Sulsel.

Adapun rangkaian kegiatan bulan inklusi keuangan ini yakni Bincang Santai Industri Jasa Keuangan, Seminar Nasional, Pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Bussiness Matching, dan Vaksinasi Massal.

Pada acara Pembukaan Bulan Inklusi Keuangan dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2021 yang dirangkaikan dengan pembukaan Toraja Highland Festival (THF) di Kabupaten Toraja Utara.

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 maka acara itu dilakukan secara hybrid yaitu virtual melalui media conference meeting zoom dan tatap muka di Toraja Misiliana Hotel dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.
  Suasana pembukaan Toraja Hoglland Festibal di Tpraja Utara, Sulsel pada Senin 94/10.2021 ANTARA / Suriani Mappong/ Hp

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024