Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat madya tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Bupati Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi di Mamuju, Rabu, mengatakan, pemberian penghargaan APE kepada pemerintah di Mamuju dilaksanakan secara daring oleh Kementrian PPPA.

Selain Kabupaten Mamuju yang menerima penghargaan APE tingkat madya, Kabupaten Majene dan Polman di Provinsi Sulbar juga menerima penghargaan APE tingkat pratama.

Bupati Mamuju mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat atas komitmen dan peran pimpinan daerah di Mamuju dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutaamaan gender.

"Penghargaan tersebut baru pertama kalinya diterima Kabupaten Mamuju dan langsung meraih predikat madya, ini sebuah kebanggaan pemerintah di Mamuju," katanya.

Sutinah mengatakan, penghargaan tersebut sangat berkesan, karena dirinya sebagai bupati perempuan pertama di Sulbar.

Ia berharap, penghargaan tersebut akan mendorong kinerja pemerintah di Mamuju dalam upaya kesetaraan dan keadilan gender menjadi meningkat, terutama pada program pengarusutamaan gender.

"Sebagai bupati perempuan, tentu dalam setiap aspek pembangunan, saya akan mengutamakan pemberdayaan perempuan, dan mari semua pihak membangun Mamuju agar maju dan berkembang," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah di Mamuju telah menyusun rancangan peraturan daerah tentang pengarusutamaan gender dan telah memasuki tahapan program pembentukan Perda (Propemperda) tahun 2021 sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam program kesetaraan dan keadilan gender.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024