Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikutura dan Perkebunan (TPHP) menerima sebanyak enam ton benih kacang tanah bantuan dari Pemerintah Pusat.

"Kacang tanah ini diperuntukkan bagi empat kelompok tani di empat Kecamatan dengan luas pertanaman 50 hektare," kata Kepala Dinas TPHP Sinjai H Kamaruddin saat menerima bantuan benih kacang tanah dari distributor di Halaman Kantor Gabungan OPD Sinjai, Jumat (15/10).

Kamaruddin mengatakan bantuan benih kacang tanah ini akan didistribusikan kepada kelompok tani di Kecamatan Sinjai Utara dengan luas 10 hektare,  Sinjai Selatan 10 hektare,  Kecamatan Bulupoddo 10 hektare dan 20 hektare di Kecamatan Sinjai Timur.

Adapun benih bantuan pemerintah komoditas kacang tanah ini terdiri dari tiga varietas, yaitu kacang tanah varietas kancil, varietas gajah dan kacang tanah varietas kelinci.

Kamaruddin berharap bantuan dapat menjadi pendorong para petani untuk dapat mengembangkan budidaya kacang tanah dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan, kacang tanah merupakan komoditas yang cukup menguntungkan dan memiliki potensi pasar yang luas.

"Sebenarnya potensi kacang di Sinjai juga cukup besar, namun alokasi dari pemerintah pusat sangat terbatas. Namun kita bersyukujur karena tahun ini kita dapat sebab sebenarnya di awal tahun bantuan ini direfocusing, akan tetapi dengan upaya komunikasi yang dilakukan oleh bapak Bupati Sinjai ke Kementerian,  bantuan ini dialokasikan kembali, " jelasnya.

Komoditas kacang tanah ini menjadi penting karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat. Sehingga dengan adanya bantuan benih kacang tanah ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitasnya dan memperluas pasarannya agar petani lebih sejahtera. (*/Inf))

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024