Mamuju (ANTARA) - Polresta Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menggelar operasi penegakan disiplin berlalu lintas di jalur trans Sulawesi di Kecamatan Kalukku, Kamis.

Operasi penegakan hukum disiplin berlalu lintas yang dilaksanakan personel gabungan dari Satuan Lalu Lintas, Satuan Shabara serta personel Polsek Kalukku tersebut dipimpin langsung Kapolresta Mamuju Komisaris Besar Polisi Iskandar.

Uniknya, warga yang kedapatan melanggar, tidak diberikan sanksi tilang melainkan diminta untuk mengikuti program vaksinasi.

"Pengendara kendaraan bermotor yang melanggar tidak dikenakan tilang, namun diminta untuk mengikuti vaksinasi di tenda depan Pasar Tasiu ," kata Iskandar.

Kapolresta menegaskan bahwa razia tersebut mengedepankan kedisiplinan protokol kesehatan terhadap pengendara bermotor yang melintas di jalur poros Mamuju menuju Kecamatan Kalukku yang merupakan jalur trans Sulawesi.

"Jadi, operasi ini targetnya para pengendara yang mengabaikan protokol kesehatan," ucapnya.

"Kalau tidak tertib protokol kesehatan, mereka diarahkan untuk vaksinasi dan juga pengendara yang melanggar lalu lintas , mereka diarahkan untuk mengikuti vaksinasi," tambah Iskandar.

Operasi penertiban penegakan hukum disiplin berlalu lintas dengan mengarahkan para pengendara kendaraan bermotor yang melanggar untuk mengikuti vaksinasi, menurut Kapolresta, sebagai upaya membantu Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam mensukseskan akselerasi vaksinasi di daerah itu.

"Vaksinasi terhadap pengguna jalan tersebut tentu dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan akselerasi vaksinasi di Kabupaten Mamuju," tuturnya. 

"Kami ikut mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Mamuju terkait akselerasi vaksinasi ini, sehingga nantinya bisa mencapai 70 persen untuk terciptanya 'herd immunyti' dalam membentuk kekebalan kelompok guna memutus mata rantai COVID-19," sambung Iskandar.

Setelah memimpin operasi penegakan disiplin berlalu lintas terhadap pengguna jalan, Kapolresta kemudian melakukan pengecekan kegiatan vaksinasi di depan Pasar Tasiu dengan menyediakan sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac, Astra Zaneca dan Moderna yang melibatkan tim vaksinator dari Polresta Mamuju, Puskesmas Ranga-ranga, Puskesmas Tampa Padang serta Puskesmas Beru-beru.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024