Makassar (ANTARA) - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar bersama Lapas Perempuan dan Lapas Narkotika Gowa menyerahkan donasi "new normal kit" untuk Puskesmas Pattalassang dan Paccellekang dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika 2021, Kemenkumham.

Kepala Rudenim Makassar Alimuddin di Makassar, Kamis, mengatakan bantuan berupa ket new normal kit yang terkumpul dari Rudenim dan dua lapas yakni Lapas Narkotika Gowa dan Lapas Perempuan untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan penularan COVID-19.

"Kita punya tanggung jawab bersama dalam penanganan COVID-19. Kami harap paket new normal kit ini bisa berguna untuk saudara-saudara kita yang tenaga kesehatan di Puskesmas Patallassang dan Paccelekang," ujarnya.

Alimuddin menyebutkan, ada 157 paket new normal kit terdiri dari masker medis, cairan antiseptik atau hand sanitizer, handstove, vitamin dan peralatan makan yang diserahkan ke Puskesmas Paccelekkang dan Puskesmas Pattalassang, Gowa. 

Penyerahan paket dilakukan secara simbolis oleh perwakilan dari ketiga unit pelaksana teknis (UPT) kepada pihak puskesmas.

"Selain donasi dari Rudenim, Lapas Perempuan dan Lapas Narkotika, kami juga salurkan donasi dari IOM (Internasional Organization for Migration), Bank Mandiri Cabang Sungguminasa dan Bank Syariah Mandiri Cabang Unismuh," katanya.

Selain pembagian paket new normal kit, kegiatan bakti sosial lainnya juga dirangkaikan dengan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Gowa yang diikuti oleh sebanyak 49 pegawai.

Ketua Tim Vaksinasi Puskesmas Patallassang Rusli Husain yang menerima secara simbolis bantuan tersebut berharap semua perlengkapan itu akan digunakan dalam membantu melayani masyarakat baik yang akan berobat ataupun ketika hendak melakukan vaksinasi.

"Kami bersyukur dengan adanya kegiatan baksos ini, apalagi paket new normal kit pastinya sangat membantu nakes di lapangan karena kalau nakes keluar pasti harus sangat safety apalagi risiko terpapar sangat tinggi," ucanya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024