Makassar (ANTARA) - Pelaksana tugas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel Fadjar Majardi melansir inflasi Sulsel 0,04 persen bulan ke bulan atau month-to-month (mtm) per Oktober 2021 yang bersumber dari kelompok perumahan, air, listrik dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,10 persen (mtm).

"Sulsel mengalami inflasi sebesar 0,04 persen (mtm) atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami deflasisebesar -0,14 persen (mtm)," kata Fadjar dalam keterangan persnya di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan kelompok penyumbang inflasi utamanya berasal dari kelompok perumahan, air, listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga yang mengalami inflasi sebesar 0,10 persen (mtm).

Sementara inflasi Sulsel secara keseluruhan baik tahunan maupun tahun kalender tercatat sebesar 1,75 persen (yoy) dan 1,09 persen (ytd), berada dibawah sasaran inflasi nasionalpada tahun 2021 yang sebesar 3,0±1 persen.

Menurut dia, inflasi terjadi hampir diseluruh kelompok pengeluaran. Kenaikan harga pada kelompok Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga kontrak/sewa rumah, seng, dan tukang bukan mandor.

Selanjutnya, kenaikan pada kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga, terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga sabun detergen, pembersih lantai, dan pengharum cucian.

Adapun kenaikan harga pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga shampoo dan pasta gigi.

Sementara itu, inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh deflasi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, terutama dipengaruhi oleh penurunan harga komoditas telur ayam ras, ikan bandeng/bolu, tomat, dan beras.

"Penurunan harga pada komoditas ini didukung oleh distribusi yang lancar, sehingga ketersediaan pasokan relatif terjaga meski di tengah situasi PPKM," kata Fadjar.

Menurut dia, inflasi sepanjang tahun 2021 diprakirakan tetap terkendali. Namun demikian, untuk mengantisipasi potensi kenaikan tekanan inflasi pada sisa tahun 2021, Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya, yang seluruhnya tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan koordinasi dan merumuskan strategi pengendalian inflasi.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024