Makassar (ANTARA) - Sedikitnya 12 organisasi lingkungan yang berafiliasi dengan Harapan Pelestari Hutan Andalan Selatan Sulawesi (HPHA Sulsel) mengumpulkan donasi bibit mangrove dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

“Saat ini sudah terkumpul 1.520 bibit mangrove dan kami masih membuka donasi mangrove,” kata aktivis konservasi mangrove Sulsel Nur Akbar Alam di Makassar, Rabu.

Sumbangan untuk adopsi mangrove dapat diberikan dalam bentuk bibit mangrove atau donasi berupa uang untuk membantu melestarikan bumi dan lingkungan.

Menurut dia, perubahan iklim yang memicu cuaca ekstrem harus disikapi dengan perbaikan lingkungan, salah satunya dengan menanam mangrove.

“Selain membatasi terjadinya abrasi, juga dapat membantu menghijaukan garis pantai dan menjadi paru-paru kota,” ujarnya.

Untuk penanaman mangrove dalam rangka HMPI dan Bulan Menanam Pohon November ini, kata dia, dijadwalkan 28 November 2021 di Desa Nelayan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Tema kegiatan tersebut adalah “Jalan Restorasi Mangrove Menuju Pemulihan dan Kesejahteraan”.

Aksi penanaman pohon mangrove yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga November 2021, selain menghadirkan pemerintah dan para penggiat lingkungan, serta masyarakat sekitar.*
  Ilustrasi hutan mangrove di Desa Nelayan Kabupaten Sinjai dikembangkan untuk menjaga lingkungan dan abrasi pantai, Makassar. ANTARA/Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024