Jakarta (ANTARA) - Program `Siagang` merupakan kolaborasi dari  Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar dengan perusahaan jasa daring, Grab mendukung layanan pengantaran dokumen dan kantong darah PMI.

"Melalui program ini kami menyediakan layanan pengantaran dokumen dan kantong darah bagi penerima donor darah melalui layanan kurir GrabExpress. Kolaborasi ini hadir sebagai bagian dari program ‘Siagang’ dari Grab,"` kata Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, program ini sebagai superapp pertama yang bekerja sama dengan PMI di Indonesia untuk mendukung dan mempercepat layanan PMI Makassar.

Khususnya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah tanpa harus mendatangi langsung kantor PMI Makassar. 

Hal itu dibenarkan Ketua PMI Makassar H Syamsu Rizal MI. 

Dia mengatakan, GrabExpress menjadi mitra resmi pengantaran dari PMI Makassar. PMI menyediakan tas khusus pengantaran kantong darah yang dipastikan sudah mengikuti prosedur standar operasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, ratusan mitra pengemudi mengikuti pelatihan khusus prosedur distribusi darah untuk menjaga kualitas dan keamanan kantong darah. 

Dia mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan bagi jumlah pasokan darah di PMI, hal ini disebabkan oleh berkurangnya kegiatan donor darah. Saat ini, stok darah nasional semakin jauh dari perhitungan minimal WHO yaitu sebesar 2 persen dari total penduduk atau setara 5,2 juta kantong per tahun. 

Bahkan, standar tersebut pun sulit dicapai saat sebelum pandemi. Untuk mendukung PMI Makassar dalam memastikan tersedianya suplai darah di wilayah Timur Indonesia, Grab bersama dengan PMI Makassar juga menyelenggarakan aktivitas donor darah bersama mitra pengemudi Grab selama dua hari yakni 10 - 11 November 2021.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024