Kendari (ANTARA) - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korps Pegawai Negeri Indoneia (Korpri) tingkat nasional 2021 di Kota Kendari diikuti sebanyak 71 kafilah dengan rincian 37 perwakilan kementerian/lembaga dan 34 provinsi dengan jumlah peserta 816 orang.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Korpri RI Zudan Arif Fakrulah di Kendari, Minggu (14/11) mengatakan MTQ tersebut diikuti oleh kafilah perwakilan kementerian/lembaga dan utusan provinsi se-Indonesia.

"MTQ ini terbesar dari sisi ada sembilan cabang, dan 25 kategori lomba dan jumlah kafila 34 provinsi dan 37 kementerian/lembaga," katanya.

Dia menyampaikan, penyelenggaraan MTQ Ke-5 Korpri dilaksanakan untuk menjalin silaturahim antarASN juga dalam rangka HUT Korpri yang ke-50.

"Untuk itu, momentum ini saya minta agar seluruh ASN sebanyak 4,2 juta bersatu, terus berkoordinasi, menjalin dan meningkatkan solidaritas agar kita dapat menghadapi seluruh problema yang meliputi Republik Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan bahwa berdasarkan data yang terdaftar sebanyak 816 peserta yang mengikuti MTQ Ke-5 Korpri tersebut yang terdiri dari peserta termasuk pendamping.

"Sesuai laporan panitia khususnya yang memegang pendaftaran MTQ telah tercatat jumlah peserta dan official sebanyak 816 orang yang berasal dari 37 kementerian dan lembaga dan 34 provinsi seluruh Indonesia," kata Gubernur.

Menurutnya, jumlah peserta MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional di Sulawesi Tenggara mengalami peningkatan yang signifikan dengan kenaikan lebih dari 100 persen dan menjadi catatan sejarah Korpri nasional dengan jumlah peserta terbanyak.

Perhelatan MTQ ke-5 korps Korpri tingkat nasional ini yang bakal berlangsung mulai 14 hingga 20 November 221 dibuka langsung oleh Wakil Menteri Agama Zairut Tauhid.

Pembukaan tersebut juga dihadiri Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Sekjen DPD RI Rahman Hadi, Kepala BKN Bima Haria Wubisana beserta tamu undangan lainnya.

MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional yang diselenggarakan di Kota Kendari pada 14 hingga 20 November 2021 akan melombakan sembilan cabang tersebar pada beberapa lokasi di daerah itu.

Kesembilan cabang lomba yang di pertandingkan tersebut, masing-masing cabang tilawah, cabang khutbah jumat, cabang hifzh Al Quran golongan juz 30 (juz amma) dan golongan surah al baqarah, cabang hifzh Al Quran golongan surah Al Imran dan Annisa dan golongan 7 surah pilihan, cabang dakwah Al Quran, cabang penulisan artikel Al Quran, cabang khath Al Quran golongan dekorasi dan kontemporer dan golongan digital, cabang tartil Al Quran dan cabang adzan dan doa.

Untuk titik lomba yakni arena MTQ nasional atau kawasan Tugu Persatuan, aula Masjid Raya Al-Kautsar, Masjid Abu Bakar Ash Suddiq Ma’had Tahfizh Baitul Qur’an, Masjid Al-Alam Kendari, auditorium IAIN Kendari, aula LPMP Sultra, aula Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, dan gedung Sapta Pesona Dinas Pariwisata Sultra.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024