Mamuju (ANTARA) - Berdasarkan survei yang dilakukan Charta Politika periode Oktober 2021 terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja kepolisian dari berbagai sektor, Polda Sulawesi Barat menempati peringkat pertama nasional pada dimensi penegakan hukum.

"Pada dimensi kepuasan penegakan hukum, Charta Politika menempatkan Polda Sulbar pada peringkat pertama sebagai polda dengan pelayanan hukum terbaik dengan tingkat kepuasan publik mencapai 70,3 persen," kata Kabid Humas Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Syamsu Ridwan, di Mamuju, Selasa.

Posisi kedua, lanjut Syamsu, ditempati  Polda Bali dengan persentase kepuasan publik sebesar 70,0 persen.

"Sedangkan pada dimensi Humas Presisi dan Propam presisi dan dimensi sistem pengaduan online, Polda Sulbar berada di peringkat kedua dan ketiga, dengan persentase sebesar 41,0 persen dan 85,7 persen," ujar Syamsu Ridwan.

Ia menyampaikan bahwa capaian tersebut tidak lepas dari komitmen Kapolda Sulbar Irjen Polisi Eko Budi Sampurno yang terus mendorong peningkatan kinerja kepolisian setempat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sulbar.

Meskipun Polda Sulbar merupakan polda termuda di Indonesia, namun dalam pelaksanaan tugasnya, menurut Syamsu Ridwan, mampu bersaing dan setara dengan polda-polda besar lainnya.

"Meskipun polda kami termuda di Indonesia, namun berkat komitmen pak Kapolda yang didukung seluruh jajaran, sehingga kami dapat bersaing dengan polda lainnya di Indonesia," ujar Syamsu.

Ia berharap capaian tersebut dapat semakin mendorong seluruh personel Polda Sulbar meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

"Capaian ini tentu menjadi kebanggaan dan juga sebagai pemacu kinerja kepolisian dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami butuh dukungan seluruh masyarakat agar Polda Sulbar dapat meningkatkan kinerjanya," ujarnya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024