Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Negeri Pahang Malaysia mengungkapkan ketertarikan untuk mempelajari proses produksi kerajinan sutera Sulawesi Selatan (Sulsel).  

Ketua Eksekutif Perbadanan Kemajuan Negeri Pahang Malaysia, Dato Haji Lias Mohid Noor di Makassar, Jumat, menjelaskan, ketertarikan pihaknya mempelajari produksi sutera Sulsel karena kebutuhan industri sutera Malaysia selama ini dipenuhi dari Sulsel.

Selain itu, meski telah didukung oleh industri, namun produksi sutera yang dihasilkan dinilai masih jauh dari kualitas yang diharapkan.

Ia mengharapkan, kerja sama pengembangan sutera Pemerintah Provinsi Sulsel dengan mengirimkan tenaga untuk memberikan pelatihan pembuatan sutera kepada pengrajin di Malaysia.

Jika penawaran kerja sama ini disambut baik oleh pemerintah provinsi, Pemerintah Negeri Pahang akan memberikan fasilitas khusus, terutama anggaran pengembangan sutera di Sulsel.

Selain melakukan penawaran kerja sama, pihaknya juga akan mempelajari sistem pembuatan sutera di sejumlah kabupaten di Sulsel khususnya Wajo.

Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muallim menyambut baik penawaran kerja sama tersebut. Namun, ia mengharapkan, jika kerja sama ini berlanjut tidak dimanfaatkan untuk mengklaim produk sutera Sulsel sebagai produk sutera Malaysia. (T.KR-RY/S016) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024