Makassar (ANTARA) - Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Humanity & Environment konsisten melaksanakan program donor darah dan khitanan massal gratis setiap bulan.

Pada bulan November, Yayasan Hadji Kalla kembali menggelar program tersebut di Mall NIPAH Makassar. Program donor darah tersebut bekerja sama dengan PMI Kota Makassar dan manajemen Nipah Mall Makassar.

Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla Abdul Hakim di Makassar, Rabu, berharap program ini bisa membantu PMI Kota Makassar tetap bisa menjaga jumlah stok darah yang dibutuhkan.

“Kegiatan rutin ini semoga bisa terus konsisten agar kita bisa tetap menjaga pasokan darah di PMI. Kita juga berharap bahwa semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya mendonorkan darah secara rutin,” ujarnya.

Abdul Hakim menjelaskan bahwa tim PMI Kota Makassar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para peserta agar bisa tetap menjaga keamanan dan kenyamanan bagi pendonor. “Semoga dengan program donor darah rutin yang kita lakukan ini kebutuhan darah di PMI bisa kita bantu," katanya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperbesar minat masyarakat umum, khususnya kelompok pemuda akan pentingnya donor darah yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan

"Semoga kita bisa tetap konsisten dalam membantu akan ketersediaan pasokan darah di PMI,” kata Abdul Hakim.

Antusiasme anak-anak muda juga begitu besar dalam ajang Kalla Youth Fest 2021.

Sementara itu, perwakilan PMI Kota Makassar Ilham menerangkan bahwa ia dan timnya siap melayani para pendonor selama dua hari.

Ia berharap dengan adanya kegiatan yang bersamaan dengan pelaksanaan Kalla Youth Fest ini akan semakin banyak kaum muda yang peduli akan pentingnya mendonorkan darah secara rutin.

Kegiatan ini juga penting, karena bisa membantu kebutuhan darah di PMI Kota Makassar.

Proses pengambilan kantong-kantong darah dari para peserta disambut antusias oleh para pengunjung mall dan kaum muda peserta Kalla Youth Fest 2021. Dalam program ini, Tim PMI Kota Makassar berhasil mengumpulkan 180 kantong darah.

Program Officer Kemanusian & Lingkungan Yayasan Hadji Kalla, Muhammad Jumadi menjelaskan bahwa di akhir tahun 2021, program khitanan massal adalah yang terakhir, sebab sebelumnya telah dilaksanakan program serupa sepanjang tahun ini dan dilakukan di berbagai lokasi, seperti Kota Makassar serta desa binaan Yayasan Hadji Kalla.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa program ini khusus menyasar kepada anak-anak dari kalangan dhuafa, khususnya anak-anak yang sudah sampai pada usia cukup untuk khitan, namun belum bisa karena terkendala biaya.

"Dengan adanya program ini, diharapkan anak-anak dari kalangan dhuafa bisa terbantu dan orang tua tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk khitanan anak-anak mereka,” katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024