Makassar (ANTARA) - Program vaksinasi COVID-19 di tiga rumah tahanan negara (Rutan) di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah rampung 100 persen.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel Harun Sulianto di Makassar, Minggu (28/11), mengatakan tiga Rutan yang sudah rampung vaksinasi COVID-19 yakni Rutan Pinrang, Enrekang dan Makale. Sedangkan 20 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan lainnya sudah diatas 90 persen.

"Kami terus mendorong agar semua warga binaan yang ada di 24 Lapas/Rutan divaksinasi semua. Saat ini capaian vaksinasi sebesar 97,83 persen," ujarnya.

Harun juga mengatakan bahwa dari data per 27 November 2021 jumlah warga binaan di semua Lapas/Rutan terdata sebanyak 10.664 orang, dan sebanyak 10.433 orang sudah menjalani vaksinasi COVID-19, terdiri dari 9.686 orang sudah divaksin COVID-19 dosis lengkap. dan sebanyak 747 warga binaan lainnya baru vaksin pertama.

Dengan demikian, masih ada 231 warga binaan yang belum divaksin dan sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait agar secepatnya divaksin.

Pada saat pelaksanaan vaksinasi ada beberapa warga binaan pemasyarakatan yang tidak memenuhi syarat untuk divaksin seperti alasan kesehatan dan masih harus menjalani perawatan dokter dan paramedis Lapas/Rutan.

"Harapan kami setelah mereka sembuh dapat segera di vaksin,“ kata Harun.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulsel, Pemkab/Pemkot se-Sulsel, Pihak TNI Polri, Poltekes Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar yang selama ini membantu vaksinasi bagi WBP di Lapas/Rutan dan LPKA di Sulsel. (*/Inf)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024