Makassar (ANTARA) - PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar menyalurkan bantuan sekaligus melakukan penanaman 5.000 pohon produktif dan endemik kepada tiga kabupaten di Sulawesi Selatan.

PLN UIW Sulselrabar dalam keterangan tertulis di Makassar, Kamis, menjelaskan, tiga kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Bulukumba, Bantaeng dan Jeneponto. Bantuan 5.000 pohon senilai Rp150 juta merupakan wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bulukumba Leandra Agung Tri Radi secara simbolis menyerahkan bantuan 200 Pohon Endemik kepada Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin di Bantaeng, Kamis.

"Kegiatan ini bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan serta tanggung jawab sosial kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan lingkungan yang baik bagi masyarakat," ujarnya.

Rencananya, 5.000 Pohon yang diberikan pada program PLN Peduli, berupa pohon tanaman produktif (mangga, rambutan dan durian) yang diberikan ke Kabupaten Jeneponto dan Bulukumba, sedangkan Pohon Endemik untuk Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari upaya PLN dalam menyemarakkan “Hari Menanam Pohon Indonesia” yang diperingati secara nasional setiap 28 November.

Leandra Agung Tri Radi mengatakan kegiatan Penanaman bibit pohon ini merupakan kepedulian PLN terhadap lingkungan serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat.

Maka dari itu, bantuan tersebut merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility) PLN.

Pada kesempatan itu, Leandra tidak lupa mengimbau masyarakat agar merelakan pohon atau tanamannya untuk dipangkas atau ditebang agar tidak menganggu jaringan listrik tanpa ganti rugi.

Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan 200 pohon endemik berupa pohon tabebuya untuk Kabupaten Bantaeng.

"Atas nama Pemerintah Bantaeng mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada PLN," katanya.

"Melalui kegiatan menanam pohon ini telah menjadi komitmen untuk menjaga lingkungan. Kami berharap dengan bantuan ini, dapat memotivasi instansi lain dalam menjaga lingkungan bagi kita dan generasi yang akan datang," tambah Ilham Syah Azikin.

Selain memberikan bantuan Pohon Endemik, PLN juga melakukan penanaman pohon di Jalan Kartini, Kecamatan Pallantikang, Kab. Bantaeng.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bulukumba, Leandra Agung Tri Radi, Ketua DPRD Kab. Bantaeng Hamsyah Ahmad, Sekretaris Daerah Kab. Bantaeng Abdul Wahab, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantaeng Nasir Awing, serta Forkopinda Kabupaten Bantaeng.
  Penanaman bibit pohon oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bulukumba Leandra Agung Tri Radi bersama Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin di Bantaeng, Sulsel, Kamis (2/12/2021). ANTARA/HO-Humas PLN

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024