Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan bantuan alat berat untuk pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kabupaten Mamuju.

Bupati Mamuju Sutinah Suhardi di Mamuju, Rabu, mengatakan bantuan pemerintah pusat berupa alat berat excavator untuk memaksimalkan pengelolaan TPA di Mamuju bersumber dari dana hibah APBN.

Ia mengatakan alat berat tersebut akan dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah yang berada di Adiadi Kecamatan Simboro Desa Botteng Kecamatan Simboro dan Kepulauan Kabupaten Mamuju.

Menurut dia, TPA di Mamuju tersebut sangat padat dan sampahnya terus bertambah sehingga butuh bantuan alat berat untuk pengelolaannya.

"TPA Adiadi yang memiliki luas 10 hektare sudah menimbulkan bau menyengat dan segera harus dikelola dengan baik memanfaatkan bantuan alat berat pemerintah pusat ini," katanya.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat dimaksimalkan untuk pengelolaan sampah masyarakat Mamuju minimal agar dapat dikategorikan telah mengindahkan syarat kelayakan.

"Pemerintah di Mamuju terus berharap perhatian dan bantuan pemerintah pusat dalam meningkatkan pengelolaan sampah di Mamuju," katanya.

Kepala balai prasarana pemukiman wilayah Sulbar, Normansjah Wartabone berharap target meningkatkan pengelolaan persampahan di Mamuju dapat dilakukan dengan baik dan mengalami peningkatan.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024