Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, giat ini pertama kali digelar di Kota Palopo, Kamis.

"Kota Palopo sudah launching vaksinasi anak hari ini, dan disusul kabupaten lainnya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel Husni Thamrin pada konferensi pers di Makassar, Kamis.

Dinas Kesehatan telah menerima surat dari Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan vaksinasi anak di Sulsel.

Surat tersebut mencantumkan sebanyak enam kabupaten/kota di Sulsel dianggap telah bisa melakukan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun karena capaian vaksinasi dosis 1 telah mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Mereka adalah Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Soppeng dan Toraja Utara.

Baca juga: Mendagri mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan cara-cara kreatif

Baca juga: Presiden akan resmikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Baca juga: Perluasan vaksinasi menyasar kelompok anak mulai bergulir 2022

"Kemarin kan ada surat dari Kemenkes bahwa ada enam kabupaten yang disarankan harus melakukan vaksinasi anak. Saya kira sekarang ini, kami lagi konsolidasi ke Kemenkes tentang penyediaan vaksin untuk anak," urai Husni.

Meski demikian, sejumlah kabupaten yang telah memenuhi syarat vaksinasi anak masih memiliki stok vaksin sinovac sebagai jenis vaksin yang direkomendasikan bagi anak berusia 6-11 tahun. Sehingga mereka mulai lakukan persiapan pelaksanaan vaksinasi dan Kota Palopo telah memulai lebih dulu.

"Beberapa kabupaten ternyata punya stok vaksin, makanya mereka menggunakan stok vaksin yang ada di daerah masing-masing. Sehingga kepala daerah juga berangsur mengadakannya dan tidak serentak," tambah Husni.

Guna lebih optimal dan maksimal, Husni menyebut pihaknya tetap menunggu stok vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi anak di Sulsel.

Data terakhir, Dinas Kesehatan Sulsel merilis capaian vaksinasi di wilayah itu telah mencapai 72,06 persen dengan total 5.087.846 orang yang telah disuntik vaksin dosis 1. Sementara vaksinasi dosis 2 telah diberikan kepada 2.903.210 orang warga Sulsel dari total target 7.058.141 orang.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024